10 March 2016

by Glenn Kaonang

Google Docs Hadirkan Fitur Baru untuk Permudah Navigasi Dokumen yang Panjang

Mungkinkan pengguna membuat outline dokumen, bahkan ketika lupa menuliskan subjudul secara manual

Saat menulis dokumen atau artikel yang panjang, idealnya kita menstrukturkannya ke sejumlah bagian agar mudah diedit atau sekadar dibaca ulang. Caranya bisa dengan memisahkan bagian-bagian artikel dengan subjudul, tapi ada kalanya kita keasyikan menumpahkan ide dan lupa dengan tahap tersebut.

Bagi yang sering mengalami skenario semacam ini, mungkin ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan Google Docs sebagai aplikasi pengolah dokumen pilihan. Pasalnya, baru-baru ini Google Docs menghadirkan sebuah fitur baru berupa outline tool, dengan tujuan mempermudah navigasi dokumen yang panjang.

Berkat fitur ini, Google Docs akan memisahkan dokumen menjadi beberapa bagian secara otomatis, bahkan ketika Anda lupa menuliskan subjudulnya masing-masing – Google Docs akan mendeteksi penstrukturan ide Anda dengan sendirinya, lalu membuatkan subjudulnya.

Di desktop, tiap-tiap subjudul akan ditampilkan di kolom di sebelah kiri. Di Google Docs versi Android, daftar subjudul ini akan muncul di sebelah kanan ketika Anda mulai menggeser dokumen ke bawah, dan dari situ Anda bisa langsung memilih subjudul tertentu untuk langsung lompat ke bagian tersebut. Anda juga bebas mengganti atau menghapus subjudul yang dibuatkan oleh Google Docs secara otomatis tadi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda tinggal memilih opsi "Document Outline" di bawah menu Tools. Fitur ini akan sangat ideal jika Anda lebih sering mengerjakan dokumen di smartphone atau tablet Android, sebab dengan sejumlah tap saja, Anda bisa mendapat garis besar dokumen sekaligus lompat ke bagian tertentu secara instan.

Sumber: Google Apps Updates via SlashGear.