Categories

Mobile

Google Docs Hadirkan Fitur-Fitur Baru untuk Membantu Para Pelajar

Glenn Kaonang - 10 September 2015

Dibanding Microsoft Office, Google Docs sejatinya jauh lebih ideal bagi para pelajar. Mengapa? Karena sederet software produktivitas ini bisa digunakan secara cuma-cuma, serta bisa diakses dari berbagai perangkat, termasuk halnya dari sebuah browser.

Namun Google belum lama ini menambahkan sejumlah fitur baru yang akan membuat para pelajar semakin jatuh cinta dengan Google Docs. Yang paling utama dan yang menurut saya paling menarik adalah fitur Research. Sesuai namanya, fitur ini memberikan kemampuan untuk melakukan riset saat berada di aplikasi Google Docs di perangkat Android.

Jadi misalnya Anda sedang mengerjakan tugas, Anda bisa melakukan pencarian di Google tanpa meninggalkan aplikasi Docs. Usai menemukan fakta, quote atau gambar yang Anda cari, Anda bisa menyelipkannya ke dokumen hanya dengan menekan satu tombol. Tidak perlu berpindah aplikasi, tidak perlu copy-paste, semuanya dilakukan di dalam aplikasi Google Docs.

Kemudian ada Voice Typing. Ya, Anda bisa menulis skripsi ratusan halaman tanpa mengetik sama sekali kalau mau, cukup dikte saja ke Google Docs. Sejauh ini sudah ada 40 bahasa yang didukung, dan Bahasa Indonesia termasuk salah satunya. Syukurlah.

Info menarik: Panduan Membuat Contact Form di Blogger.com dengan Google Docs

Aspek kolaboratif Google Docs juga kian disempurnakan. Sekarang Anda bisa melihat apa saja revisi yang dilakukan rekan Anda selagi Anda sedang disibukkan oleh kegiatan lain. Membuat survei atau polling pun juga semakin mudah dengan fitur Forms yang baru dan lebih disederhanakan.

Selanjutnya adalah fitur Explore untuk Google Sheets. Sangat canggih, Google Sheets bisa membuatkan bagan secara otomatis berdasarkan data-data yang Anda cantumkan guna memberikan gambaran yang lebih jelas. Saat ada data ekstra yang perlu ditambahkan, bagan yang dibuat pun akan di-update secara real-time.

Terakhir, tentu saja Google juga menambahkan sejumlah template menarik untuk dipakai di Docs, Sheets maupun Slides. Update ini sudah tersedia untuk perangkat Android sekarang juga, dan kemungkinan akan menyusul ke iOS dalam waktu dekat.

Sumber: Google Docs Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter