4 March 2016

by Glenn Kaonang

Google Docs Hadirkan Koleksi Template Rancangan Para Ahli di Bidang Pendidikan dan Bisnis

Semuanya bisa dinikmati di Docs, Sheet dan Slides versi Android, iOS maupun web

Meski terdengar sepele dan tidak semua pengguna memakainya, template merupakan salah satu fitur yang penting untuk dimiliki aplikasi pengolah dokumen macam Google Docs atau Microsoft Office. Mengapa? Karena ada kalanya kita perlu membuat suatu jenis dokumen yang spesifik dengan cepat, seperti misalnya membuat invoice untuk dikirimkan ke klien.

Dalam kasus Google Docs, Google tidak lupa menyertakan sederet template baru saat meluncurkan update untuk layanan gratisnya tersebut. Malahan, Google kini memperlakukannya secara lebih serius dengan meluncurkan koleksi template yang dirancang oleh para ahli di berbagai bidang, mulai dari pendidikan sampai bisnis.

Google bekerja sama langsung dengan para ahli ini. Di bidang pendidikan, ada channel TV ternama Reading Rainbow yang menghadirkan templatelesson plan buat para guru sekaligus template laporan buku bagi para siswa. Masih seputar pendidikan, tim Google Science Fair menyajikan templateslide presentasi yang bisa dimanfaatkan siswa dalam pelaporan proyek eksperimennya masing-masing.

Beralih ke bidang bisnis, developer Intuit menghadirkan templatespreadsheet untuk membantu pengguna memanajemen budget yang mereka miliki dalam menjalankan usahanya. Lebih lanjut, Google Ventures sudah menyiapkan templateslide presentasi yang bisa dimanfaatkan startup dalam mempresentasikan visi-misinya di hadapan para investor.

Semua template rancangan para ahli ini sudah tersedia di Google Docs, Sheets dan Slides versi Android, iOS, sekaligus di web mulai hari ini juga.

Sumber: TheNextWeb dan Google Docs Blog.