11 December 2012

by Iqbal Farabi

Google Doodle Mengenang Lady Ada Lovelace, Programmer Komputer Pertama di Dunia

Seperti biasa, sesekali waktu Google akan mengubah tampilan halaman mukanya dengan tema-tema tertentu yang disebut dengan Google Doodle. Pada edisi terbarunya yang digulirkan kemarin, Google mendedikasikan halaman Google Doodle untuk mengenang Lady Ada Lovelace. Menurut beberapa kalangan, Lady Ada Lovelace bisa dikatakan sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Ada Lovelace terlahir dengan nama Augusta Ada King pada tahun 1815 dan memiliki gelar Countess of Lovelace. Ibunya adalah seorang ahli matematika, Anne Isabelle Mibanke. Sedangkan ayahnya adalah seorang penyair ternama, Lord Byron. Sejak kecil Ada sudah tertarik dengan sains dan matematika.

Pada usian 17 tahun, Ada berteman dengan Charles Babbage. Charles Babbage sendiri di kemudian hari dikenal sebagai salah satu pionir pertama di bidang komputer. Dari pertemanannya ini, Ada tertarik dengan ide Babbage untuk membuat sebuah mesin analisis. Mesin ini kemudian dikenal sebagai Babbage's Analytical Engine dan disebut-sebut sebagai salah satu pionir komputer pertama di dunia.

Pada 1843, Ada mempublikasikan deskripsi tentang mesin analisis Babbage. Meskipun sebagian dari publikasi tersebut hanya terjemahan dari deskripsi mesin analisis Babbage, Ada juga menambahkan cukup banyak catatanya sendiri. Salah satu catatan tersebut adalah instruksi langkah-langkah untuk mengoperasikan mesin analisis tersebut untuk menghitung deret Bernoulli. Bagi banyak kalangan, langkah-langkah yang disusun Ada ini adalah algoritma pertama yang dipublikasikan di dunia.

Ada meninggal pada tahun 1852. Di kemudian hari, namanya pun diabadikan menjadi sebuah nama bahasa pemrograman, yakni Ada Programming Language. Untuk melihat Google Doodle yang mengenang Ada Lovelace ini, Anda bisa buka halaman ini.