Categories

Mobile

Google Perkenalkan Aplikasi Panggilan Video Baru yang Lebih Cepat dan Simple Bernama Duo

Duo melengkapi aplikasi pesan instan terbaru Allo yang juga dirancang oleh Google

Bambang Winarso - 19 May 2016

Dalam gelaran tahunan Google I/O yang sudah dimulai kemarin, melahirkan beberapa hal baru yang menarik untuk diulas selain tentunya kehadiran versi pengembang Android N. Salah satu yang wajib diketahui adalah segera hadirnya aplikasi komunikasi baru dari Google yang dijuluki Duo. Pasangan aplikasi Allo yang juga diperkenalkan oleh Google di event tersebut.

Duo adalah aplikasi panggilan yang secara default diamankan oleh fitur enkripsi end-to-end. Memastikan apapun rahasia yang di simpan di dalam aplikasi akan aman dari sentuhan pihak manapun. Tapi kemampuan paling menarik dari Duo adalah fitur Knock Knock yang memungkinkan pengguna melihat tampilan real-time penelpon sebelum diterima. Kemudian Duo juga memungkinkan pengguna untuk terhubung ke layanan panggilan lainnya seperti Skype, Whatsapp, Hangouts dan tentu saja Facebook Messenger.

Jika Allo fokus pada interaksi memanfaatkan pengaya bot Google Asistant, Duo dapat disandingkan dengan aplikasi FaceTime yang dikembangkanoleh Apple. Digunakan untuk percakapan dua arah antara dua orang melalui tampilan video.

Dikutip dari pengumuman tertulis resminya, Duo dibangun oleh tim yang sama yang menciptakan WebRTC menggunakan protokol pemograman baru bernama Quic. Sedikit menyegarkan ingatan Anda, Quic adalah protokol pemograman yang diperkenalkan oleh Google tahun lalu yang diklaim piawai mempercepat transfer data berukuran besar ketika aplikasi terhubung ke internet.

Perihal benturan fitur Duo dan Hangouts, Google memastikan Hangouts akan terus eksis kendati Allo dan Duo nanti benar-benar memulai kiprah di ranah mobile. Duo direncanakan memulai debut pada bulan Agustus hingga September 2016.

Sumber berita Googleblog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter