Sekitar setahun lalu, versi baru Google Earth resmi diluncurkan dengan sederet konten interaktif dan kualitas visual yang jauh lebih baik. Sekarang, Earth baru saja kedatangan fitur anyar yang terkesan simpel namun sangat menarik dan punya banyak potensi.

Fitur yang dimaksud adalah sebuah tool untuk melakukan pengukuran jarak antara dua titik atau lebih. Dari yang sesederhana mengukur jarak antara titik A dan B, sampai yang lebih kompleks seperti mengukur garis keliling suatu lokasi, hingga akhirnya informasi mengenai luas areanya pun juga bisa didapat.

Google Earth measure tool

Fitur ini sudah ada sejak cukup lama di Google Maps, dan sebenarnya juga tersedia pada Google Earth versi lawas. Bedanya, aksesnya tidaklah semudah sekarang, yang hanya memerlukan satu klik pada icon di paling bawah sidebar. Dari situ Anda tinggal menarik garis dan menyimak penghitungannya secara real-time.

Google melihat ada banyak kegunaan fitur ini. Salah satunya adalah untuk mengukur luas fasilitas umum macam taman yang berada di dekat komplek perumahan, sehingga bisa dijadikan pertimbangan tambahan oleh calon pembeli rumah. Contoh lain, seorang guru dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat soal buat para muridnya.

Google Earth measure tool

Fitur ini sekarang sudah bisa dinikmati di Earth versi desktop maupun versi Android yang terbaru. Versi iOS-nya dikabarkan bakal segera menyusul, tapi tidak ada informasi kapan pastinya.

Sumber: VentureBeat dan Google.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.