Tepat tanggal 18 April kemarin, Google resmi memperkenalkan versi baru Google Earth, setelah mengembangkannya selama kurang lebih dua tahun Lewat versi anyar ini, Google sejatinya ingin menyuguhkan perspektif baru kepada pengguna dalam mengeksplorasi isi Bumi.

Salah satu caranya adalah lewat konten interaktif yang terkurasi. Di sini Google telah bekerja sama dengan sejumlah organisasi atau media dalam mengerjakan fitur bernama Voyager. Lewat fitur ini, pengguna akan dibawa menuju ke berbagai lokasi menarik di dunia selagi menikmati tur interaktif yang telah disiapkan oleh para ahli – BBC Earth misalnya.

Fitur Voyager akan mengajak pengguna Google Earth dalam tur interaktif menuju lokasi-lokasi menarik / Google
Fitur Voyager akan mengajak pengguna Google Earth dalam tur interaktif menuju lokasi-lokasi menarik / Google

Voyager tidak hanya mengajak Anda menikmati keindahan alam, tetapi juga keberagaman budaya yang tersebar di dunia lewat segmen khusus berjudul “This Is Home”. Di sini pengguna dapat menjelajah berbagai rumah tradisional beserta adat istiadat penghuninya masing-masing, sekali lagi disampaikan secara interaktif.

Google tidak lupa menambahkan fitur khasnya pada Earth, yakni tombol “I’m feeling lucky”, dimana Anda akan dibawa ke lokasi acak setelah mengklik tombolnya. Total ada sekitar 20.000 lokasi yang telah dikurasi tim Google Earth, masing-masing dilengkapi dengan Knowledge Card berisikan sejarah dan fakta-fakta menarik mengenai lokasi tersebut.

Tak cuma keindahan alam, Voyager juga mengajak pengguna Google Earth mengenali keberagaman budaya di dunia / Google
Tak cuma keindahan alam, Voyager juga mengajak pengguna Google Earth mengenali keberagaman budaya di dunia / Google

Secara tampilan Google Earth versi baru ini juga siap menyajikan grafik 3D yang lebih tajam dan lebih realistis lagi. Penyempurnaan visual ini pastinya akan semakin berkesan ketika Anda membuka Earth VR, yang sekarang sudah dilengkapi fitur search serta kompatibel dengan Oculus Rift.

Anda sekarang sudah bisa menikmati Google Earth versi baru ini di desktop lewat Chrome maupun di Android. Google berjanji untuk segera merilis versi iOS serta kompatibilitas dengan browser lainnya.

Sumber: Google.

Application Information Will Show Up Here