Google Uji Files Go, Aplikasi untuk Memanajemen dan Berbagi File Antar Perangkat Android

Google Uji Files Go, Aplikasi untuk Memanajemen dan Berbagi File Antar Perangkat Android

Sepertinya ditujukan buat pengguna di negara berkembang, dengan cara kerja mirip fitur AirDrop di perangkat iOS
Tampilan aplikasi Files Go / Google Play
Tampilan aplikasi Files Go / Google Play

Kapasitas penyimpanan yang kecil adalah salah satu kelemahan umum smartphone kelas budget. Pintar-pintar memanajemen file adalah salah satu trik untuk tidak kehabisan storage, dan Google tampaknya sudah menyiapkan solusi dalam wujud aplikasi bernama Files Go.

Secara mendasar, Files Go termasuk kategori aplikasi file manager. Tab “Storage” menampilkan kapasitas yang tersisa, lalu tersedia pula opsi untuk menghapus cache atau media yang berasal dari aplikasi-aplikasi tertentu. Selain itu, ada juga opsi untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan, serta untuk menghapus gambar duplikat atau yang bersifat spam.

Akan tetapi yang lebih menarik tersimpan di tab keduanya yang berlabel “Files”. Di situ file dikategorikan berdasarkan gambar, video dan audio. Lalu di bawahnya ada opsi untuk berbagi file tanpa internet, dengan klaim kecepatan transfer yang tinggi.

Fitur berbagi file ini mengandalkan konektivitas Bluetooth, dan cara kerjanya sepertinya tidak jauh berbeda dari fitur AirDrop di perangkat iOS, di mana pengguna tinggal memilih pengguna lain di dekatnya yang ingin dikirimi file, lalu meminta sang penerima untuk membuka aplikasi Files Go dan menyentuh tombol “Receive”.

Pengguna Android sendiri sebenarnya tidak membutuhkan cara khusus untuk bisa berbagi file via Bluetooth, tapi setidaknya prosesnya bisa disederhanakan lewat satu aplikasi yang juga merangkap sebagai file manager, apalagi mengingat aplikasi ini merupakan besutan Google sendiri.

Untuk sekarang, Files Go masih berstatus beta dan belum dirilis untuk publik secara luas. Google sepertinya menarget negara berkembang sebagai pasarnya, sama seperti Google Search Lite maupun layanan pembayaran Tez di India.

Sumber: 9to5Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…