Google Find My Device Sudah Bisa Menampilkan Layout Gedung Tempat Smartphone Berada

Google Find My Device Sudah Bisa Menampilkan Layout Gedung Tempat Smartphone Berada

Membantu pengguna mencari smartphone di antara deretan ruangan di gedung bertingkat
Google Find my Devices
Google Find my Devices

Teknologi ada untuk memudahkan hidup manusia, dari kemudahan dalam melakukan perjalanan, berkomunikasi, bekerja hingga hal-hal bersifat personal misalnya membantu menemukan gadget yang tertinggal di suatu tempat atau bahkan hilang.

Untuk yang terakhir, kita punya banyak pilihan salah satunya menggunakan Google Find My Device. Sejak pertama diluncurkan, fitur Find My Device memanfaatkan navigasi melalui peta virtual seperti halnya yang Anda jumpai di aplikasi Google Maps. Bedanya, aplikasi akan memberikan informasi pergerakan perangkat dengan syarat perangkat tersebut terhubung ke jaringan internet.

Makin canggih, karena di pembaruan teranyarnya Find My Device kini mendapatkan kemampuan baru. Kini, tidak hanya berupa peta digital tapi juga mampu menampilkan layout di mana smartphone berada, misalnya di mall atau bandar udara. Dengan begini, pengguna tidak hanya mengetahui di mana lokasinya tapi juga mendapatkan informasi keberadaannya yang lebih spesifik.

Sayangnya belum diketahui dengan pasti gedung apa saja yang bisa terindentifikasi oleh aplikasi Find My Device. Google juga belum buka suara apakah fitur ini akan sepenuhnya bekerja di semua bentuk ruang atau hanya di bangunan-bangunan populer yang ada di database Google Maps.

Lalu, apakah fitur ini akan membantu korban yang kehilangan smartphone karena kejahatan jalanan? Belum tentu. Karena ada kondisi tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu, pertama smartphone harus dalam kondisi hidup, terhubung ke internet dan masih menggunakan akun yang sama. Tanpa itu, kecil kemungkinan untuk ditemukan sangat kecil. Tetapi, jika smartphone hanya tertinggal di suatu tempat, fitur baru ini tentu akan memberikan informasi lokasi yang lebih presisi, terutama jika bangunan tersebut mempunyai banyak ruangan dan lantai.

Sumber berita Theverge dan gambar header Naijatechguide.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…