26 June 2014

by Amir Karimuddin

Google Fit Jadi Ujung Tombak Android Rambah Segmen Kesehatan

Setelah cukup lama ketinggalan dengan iOS dalam urusan monitoring kesehatan, Google mengumumkan platform Google Fit dalam ajang Google I/O 2014. Google Fit adalah platform terbuka yang didesain untuk membantu pengguna memantau kesehatan dan kebugaran. Dalam mengembangkan platform Google Fit, Google menjalin kerja sama dengan partner-partner penting di bidang ini.

Nike, Adidas, Intel, RunKeeper, Withthings, Basis dan sejumlah partner vendor pembuat smartphone sudah memastikan komitmennya dalam mendukung platform yang terintegrasi dalam Android L ini. Menurut seorang pegawai Google yang dikutip oleh The Next Web tentang utilisasi Google Fit, "Jika seorang pengguna memberikan izin, aplikasi dapat mengakses seluruh informasi kesehatan pengguna untuk memberikan rekomendasi yang lebih baik melalui konteks tambahan seperti ini."

Meskipun sudah mulai memiliki solusi di bidang kesehatan, seperti dikutip dari Engadget, Google tidak menyediakan aplikasi tersendiri untuk mengumpulkan semua data ini, seperti halnya aplikasi Health buatan Apple. Inisiatif Fit menyediakan platform agar berbagai perangkat kesehatan bisa melakukan interfacing dengan Android. Perangkat kesehatan ini yang nantinya memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

 

Info Menarik: Apple Rekrut Ahli Biomedis Untuk Proyek Teknologi Kesehatan

 

Segmen kesehatan menjadi salah satu segmen penting yang cukup hype beberapa tahun terakhir. Dipopulerkan oleh Nike sebagai pembuat peralatan olahraga terkemuka, perangkat tracking menjadi salah satu alat wajib yang dimiliki supaya kegiatan olahraga menjadi lebih bermakna, baik untuk hal pemantauan dari waktu ke waktu maupun kemampuannya berbagi ke berbagai media sosial.

Dengan CEO Apple Tim Cook menjadi anggota dewan direktur Nike, kerja sama Nike dan iOS selama ini jelas terlihat lebih akrab. Untuk menjangkau lebih banyak pengguna, langkah Nike yang membuka diri ke platform Android merupakan pilihan yang tepat. Tren peduli kesehatan tak lagi didominasi oleh masyarakat negara maju, tetapi juga oleh masyarakat negara berkembang di mana penggunaan Android adalah dominan.

Google Fit Platform SDK akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

[Gambar via The Verge]