Google punya solusi untuk berbagai kebutuhan profesional. Mereka punya Google Drive untuk menyimpan berbagai berkas. Google Docs untuk pengganti Microsoft Office. Photos untuk manajemen foto, Calendar untuk mengatur jadwal dan sebagainya. Kemudian Forms, layanan untuk mengumpulkan informasi dalam bentuk formulir survei atau untuk keperluan pendaftaran layanan tertentu.

Untuk layanan yang disebutkan terakhir di atas, Google punya sesuatu yang baru. Sejumlah fitur yang dirancang untuk memudahkan dan membantu proses validasi informasi.

Dari beberapa fitur yang dihadirkan, salah satunya adalah fitur validasi respon pintar yang secara otomatis akan menyarankan input yang benar untuk ragam formulir yang berbeda. Misalnya, jika Anda meminta isian alamat email, maka sistem akan menyarankan isian yang benar dengan memberikan label peringatan. Atau jika Anda meminta alamat URL situs, maka sistem secara cerdas akan memeriksa apakah isian yang diberikan sudah benar. Jika salah, sistem akan memberikan saran dengan cara yang sama.

Intelligent response validation

Berikutnya, pengguna Forms sekarang juga bisa menerima unggahan berkas dari pengguna di luar domain, namun dengan syarat kedua pihak memberikan izin akses lintas domain di Google Drive masing-masing.

Google juga memperkenalkan jenis pertanyaan baru; checkbox grid. Jenis pertanyaan baru yang memungkinkan responden untuk memilih dari opsi pilihan di tabel. Pertanyaan ini cocok untuk menanyakan soal waktu seperti hari, tanggal dan jam.

Checkbox grid 1

Terakhir, Google mencoba mempermudah pengguna dengan memberikan opsi menyamakan preferensi untuk setiap formulir yang dibuat. Jadi, jika Anda punya jenis form dengan pengaturan yang sama, Anda bisa menerapkannya untuk semua form sehingga lebih menghemat waktu dan juga tenaga.

Preferences 1

Semua fitur baru ini baru dirilis ke Rapid Release dan akan mulai digulirkan ke seluruh pengguna edisi G Suite dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber berita gsuiteupdates dan header Pixabay.