2 December 2014

by Oki Rosgani

Google Glass Versi Baru Akan Lebih Bertenaga

Google telah menjadi pelopor dalam pembuatan perangkat kacamata pintar (smart glasses) dimana kita mengenal nama produk tersebut sebagai Google Glass. Kabarnya pihak Google akan menyiapkan perangkat Google Glass versi baru yang lebih bertenaga untuk hadir pada tahun 2015 nanti.

Perubahan apa yang akan dihadirkan Google pada salah satu perangkat wearable device besutannya itu? Berdasarkan informasi yang kami kutip dari situs WSJ melalui The Verge, Google Glass versi baru itu akan hadir dengan beberapa perubahan yang cukup mendasar dan memberikan peningkatan kinerja yang cukup signifikan.

Diantaranya adalah penggunaan prosesor baru buatan Intel serta performa baterai yang lebih baik. Perkembangan ini akan menjadi tambahan 'tenaga' lagi untuk Google Glass setelah sebelumnya mendapatkan peningkatan untuk penyesuaian dengan kacamata resep serta peningkatan RAM.

Dengan adanya perubahan besar yang kabarnya akan disematkan pada perangkat Google Glass versi mendatang ini tentunya diharapankan bisa meningkatkan minat pengguna untuk lebih tertarik memiliki perangkat kacamata pintar tersebut, setelah sebelumnya sebagian pengguna mengeluhkan baterai yang boros serta banderol harga yang relatif mahal.

Masih dikutip dari WSJ, diberitakan bahwa ketertarikan Intel dalam kerja sama dengan Google lebih pada penggunaan Google Glass untuk membantu pekerjaan. seperti rumah sakit, manufaktur atau tempat kerja lainnya.

 

Info menarik: Benarkah Ini Prototype Smartwatch E-Paper Buatan Sony?

 

Meski belum ada informasi detail tentang chipset mana yang akan digunakan Intel untuk perangkat Google Glass model baru nanti, namun sebelumnya pihak Intel telah merilis chipset yang ditujukan untuk perangkat wearable besutannya yakni gelang pintar (smart brecelet) yang disebut sebagai MICA (My Intelligent Communication Accessories).

Ada kemungkinan Intel akan menggunakan chipset ini. Gelang pintar Intel tersebut baru akan dirilis Intel pada perhelatan Opening Ceremony Spring/Summer 2015 fashion show mendatang. Bisa jadi chipset baru yang akan disematkan Intel pada perangkat Google Glass model baru itu akan sama dengan chipset yang digunakan pada perangkat MICA tadi.

Saat ini perangkat Google Glass sendiri memang masih terbilang mahal, terlebih implementasi dari kacamata pintar ini juga masih terbatas untuk bidang-bidang tertentu saja, sehingga sangat wajar jika penetrasi penggunaan perangkat Google Glass ini terbilang lambat.

Sumber: The Verge | Gambar Header: Google Glass