4 March 2020

by Glenn Kaonang

Dampak Virus Corona, Google Gratiskan Fitur Berbayar Layanan Video Conference-nya, Hangouts Meet

Semuanya bisa dinikmati tanpa biaya tambahan hingga 1 Juli 2020

Tanpa harus terkejut, Google baru-baru ini mengumumkan bahwa konferensi developer tahunan mereka, Google I/O, terpaksa dibatalkan tahun ini. Event tersebut seharusnya dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12 - 14 Mei mendatang, tapi Google memutuskan untuk membatalkannya berdasarkan himbauan dari WHO dan sejumlah lembaga kesehatan lain terkait kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona.

Google I/O 2020 adalah satu dari sekian banyak event teknologi tahunan yang dengan terpaksa harus dibatalkan tahun ini. Mulai dari MWC (Mobile World Congress), F8 (konferensi developer Facebook), sampai GDC (Game Developers Conference) dan Geneva Motor Show pun batal diadakan tahun ini. Di ranah esports, 'korbannya' pun juga tidak kalah banyak.

Ya, kasus ini memang cukup serius dan tidak bisa disepelekan, namun itu juga bukan berarti kita harus berhenti beraktivitas. Idealnya, kegiatan bertatap muka harus dibatasi, dan alternatifnya kita bisa memanfaatkan layanan video conference. Kabar baiknya, Google baru saja memberikan pengumuman yang menarik terkait layanan mereka, Hangouts Meet.

Disebutkan bahwa semua fitur berbayar Hangouts Meet dapat dinikmati secara cuma-cuma oleh semua pengguna tanpa terkecuali, mulai pekan ini sampai 1 Juli mendatang. Fitur-fitur berbayar yang dimaksud di antaranya adalah kapasitas yang lebih besar (hingga 250 partisipan dalam satu sesi video conference), live streaming ke hadapan 100 ribu penonton, dan kemampuan untuk merekam dan menyimpan sesi video conference di Google Drive.

Google bilang keputusan mereka ini didasari oleh meningkatnya jumlah penggunaan Hangouts Meet belakangan ini. Di Hong Kong dan Vietnam misalnya, Google menyebut kegiatan belajar-mengajar di sekolah telah digantikan oleh sesi video conference di Hangouts Meet, dan inilah yang mendorong Google untuk menggratiskan fitur-fitur unggulan layanannya.

Sumber: Google via Engadget.