30 October 2013

by Bambang Winarso

Google Hadirkan Sejumlah Fitur Baru di Google+, Fotografer Makin Dimanjakan

Bagi Anda yang gemar dengan dunia fotografi, layak berbangga hati sebab Google punya perhatian khusus untuk Anda dengan meluncurkan sejumlah update terbaru untuk Google+ yang sebagian besar memanjakan para penggemar fotografi. Peluncuran update terbaru Google+ tersebut dilakukan dalam sebuah konferensi pers, menghadirkan Vic Gundrota - VP of Engineering sebagai pembicara.

Apa saja fitur baru yang segera bisa dinikmati oleh pengguna Google+? Ini dia ulasan lengkapnya!

Backup gambar penuh di platform iOS

Fitur terbaru ini menawarkan kemampuan backup gambar dalam ukuran penuh, artinya semua gambar juga akan diunggah dalam ukuran penuh, bagi fotografer poin ini sangat penting guna menjaga kualitas gambar saat tersimpan di dalam akun. Saat ini memang fitur ini hanya ditemukan di platform Android, namun dalam presentasinya, Gundrota memastikan fitur ini segera dapat dinikmati oleh pengguna iOS. Ini baru satu fitur, selanjutnya ada fitur yang juga memanjakan para penggemar jepret-menjepret.

Fitur Optimasi Foto

Perbaikan kemampuan fitur optimasi foto juga dihadirkan oleh Google, di antaranya adalah perbaikan otomatis di mana kemampuan yang ditanam di dalamnya kini jauh lebih baik, terutama saat Anda membutuhkan gambar dengan tingkat pencahayaan atau saturasi yang tepat.

Snapseed

Snapseed melengkapi fitur perbaikan otomatis di atas, di mana di dalamnya ada fitur baru bernama HDR yang diklaim mampu memproses warna yang tak biasanya mampu ditangkap oleh mata manusia tetapi tidak oleh kamera biasa. Fitur HDR ini nantinya dapat diakses melalui sebuah tombol di Snapseed, tapi tidak akan bekerja di semua gambar.

The Nik Collection

Mulai hari ini, toolThe Nik Collection (aplikasi berbayar  $149) juga mendapatkan pembaharuan di mana terdapat fitur bernama Analog Effex Pro yang memungkinkan para fotografer untuk menjelajah tampilan dan merasakan sensasi sebuah kamera dan proses foto klasik.

Auto-Awesome

Fitur selanjutnya yang tak kalah memanjakan Anda tambahan fasilitas pada fitur Auto-Awesome yang memungkinkan fotografer menciptakan sebuah cerita dalam setiap hasil jepretan. Di dalamnya ada dua mode baru yang bisa Anda gunakan, pertama ada Auto-Awesome Action yang menampilkan gerakan sebuah objek dalam foto sehingga terlihat lebih hidup. Kedua ada Auto-Awesome Eraser yang membantu fotografer menghapus beragam ganggunan dari foto, misalnya gambar objek yang menghalangi tangkapan kamera.

Selain itu bagi yang ingin merekam video, kini ada pula Auto-Awesome Movie yang memungkinkan pengguna untuk membuat video klik dari rekaman atau foto yang dimiliki, menambah efek, lagu dan transisi.

Selain yang berfokus pada foto, layanan Google+ juga menghadirkan pembaruan yang disertakan yang berhubungan dengan aplikasi Hangouts untuk Android. Aplikasi ini kini mendukung fitur berbagi lokasi dan SMS. Kemudian terdapat juga fitur Hangouts On Air terjadwal yang dilengkapi dengan halaman untuk menonton khusus. Yang terakhir adalah pembaruan yang memungkinkan tampilan panggilan video layar penuh di mobile dan desktop serta fitur untuk memperbaiki pencahayaan video webcam.

Lengkap kan? Bagi fotografer, semua fitur-fitur di atas sudah pasti akan membuat mereka kian betah berlama-lama di Google+. Namun dari 300 juta pengguna yang mengakses Google+ setiap bulannya, saya yakin sebagian dari mereka tak menyukai dunia fotografi, lalu fitur itu kira-kira dibutuhkan tidak ya bagi mereka? Apa pendapat Anda?

Sumber berita TheNextWeb dan Blog Google.