7 November 2012

by wiku

Google Hadirkan Tampilan Baru Untuk Halaman Hasil Pencarian

Google mengubah tampilan dari halaman hasil pencarian mereka. Masih berfokus dengan tampilan yang bersih, kini menu pilihan yang ada pada bagian pinggir dipindahkan ke bagian atas, menjadikan tampilannya semakin simple dan bersih.

Di halaman hasil pencarian Google sebelumnya, tampilan menu ketika kita melakukan pencarian di Google akan tampil di bagian pinggir, menu ini berisi pilihan menu lain seperti untuk mencari gambar, peta, atau pilihan More untuk mendapatkan hasil pencarian berdasarkan kategori lain, seperti video, berita, buku, blog, dll. Kini tampilan berbagai pilihan menu ini dipindahkan ke bagian atas, tepat di atas halaman hasil pencarian.

Google mengatakan bahwa perubahan ini akan memberikan ruang 'bernafas' yang lebih lega dan membuat pengguna menjadi lebih fokus pada jawawab atau hasil pencarian yang mereka ingin dapatkan.

Menu untuk melakukan pencarian yang lebih advance juga ada di bagian atas. Beberapa perangkat (tools) yang dibutuhkan untuk melakukan pencarian yang lebih advance ini bisa ditemukan dalam tampilan drop down menu, Anda cukup melakukan klik tombol Search Tools, maka nanti menu pilihan tambahan lain akan muncul untuk memberikan keleluasaan bagi Anda melakukan pancarian yang lebih spesifik.

Perubahan tampilan halaman pencarian Google ini pertama-tama bisa dinikmati oleh pengguna AS dan akan secara bertahap dirilis untuk penggua berbahasa lainnya. Jadi yang tidak sabar ingin mencoba bisa menunggu beberapa waktu lagi. Atau kalau tidak sabar bisa menggunakan Google.com (bukan Google.co.id) dan mulai melakukan pencarian.

Via: VentureBeat.