8 October 2013

by Iqbal Farabi

Google Hangouts 1.3 Akan Hadirkan Integrasi dengan SMS dan MMS?

Meski tidak sering menjadi objek pemberitaan yang ramai dibicarakan, Google secara berkala terus mengembangkan Hangouts. Sebelumnya pada bulan Juli lalu, Hangouts kembali mendapatkan fitur untuk melakukan panggilan suara untuk Hangouts pada Gmail, Chrome, dan Google+.

Kali ini beredar kabar mengenai rencana mengintegrasikan layanan SMS dan MMS dengan Google Hangouts pada versi terbarunya nanti. Kabar ini pertama kali muncul dari situs Android Police yang mengklaim mendapatkan kabar tersebut melalui sumber yang terpercaya. Meski tidak menyebutkan siapa sumbernya, Android Police berani memberi rating 9 dari 10 untuk akurasi rumor ini.

Belum jelas benar bagaimana implementasi integrasi SMS dan MMS dengan Hangouts. Android Police sendiri berspekulasi bahwa di perangkat Nexus selanjutnya aplikasi SMS standar akan dihilangkan sama sekali dan digantikan dengan Hangouts. Saya sendiri tidak yakin Google akan menghapus aplikasi SMS standar dari sistem operasi Android selanjutnya.

Dari bocoran tampilan yang didapatkan Android Police, bisa dilihat bahwa dalam versi Hangouts pada foto tersebut terdapat opsi untuk mengirim dan menerima SMS melalui aplikasi Hangouts. Juga bisa dilihat bahwa pesan yang dikirim melalui SMS akan tampil dengan tulisan "via SMS".

Tentunya ini berita baik bagi mereka yang sudah nyaman berada di ekosistem aplikasi-aplikasi dari Google. Paling tidak dalam bayangan saya, dengan integrasi ini maka SMS/MMS bisa kita terima dari aplikasi Hangouts di berbagai layanan Google seperti Gmail atau Chrome. Tapi untuk tahu bagaimana tepatnya penerapan integrasi SMS dan MMS  dengan Hangouts, nampaknya kita harus menunggu rilis resmi Google Hangouts 1.3.