28 January 2016

by Bambang Winarso

Quick Reply dan Shortcut Obrolan Bakal Hadir di Google Hangouts 7.0

Selain itu, Hangouts 7.0 juga meminta pengguna beralih dari SMS ke Google Messenger

Google tampaknya sedang sibuk mengerjakan pembaruan terkini untuk aplikasi chat sekaligus panggilannya, Hangouts. Bila versi ini nanti resmi digulirkan, maka Hangouts untuk Android sudah memasuki versi 7.0 dan kabar baiknya sejumlah hal baru akan diboyong oleh versi ini.

Dilansir oleh AndroidPolice, Hangouts 7.0 kemungkinan akan menjadi realisasi tahap pertama atas rumor tahun lalu yang mengatakan bahwa Google akan โ€œmenyunatโ€ fitur SMS di Hangouts. Keyakinan ini ditandai dengan permintaan Hangouts kepada pengguna untuk berpindah dari SMS ke Google Messenger. Pun begitu, bukan berarti rumor tersebut benar adanya.

Fitur lainnya, Google Hangouts 7.0 juga bakal menawarkan cara baru dalam menjawab pesan, di mana kini pengguna dapat langsung membalas pesan yang ditampilkan dari notifikasi. Tambahan baru ini memang bukan sesuatu yang istimewa, mengingat sejumlah aplikasi pesan instan lain sudah lebih dahulu menyajikannya. Google Hangouts sendiri sudah mulai menawarkan fitur ini beberapa bulan yang lalu ketika versi terbarunya menjumpai pengguna iOS, begitupun aplikasi Google Messenger.

Yang membuat fitur ini menarik, Google menambahkan tombol di sebelah kanan atas yang berguna untuk menyimpan pesan yang sudah ditulis untuk kemudian diteruskan melalui aplikasi Hangouts.

Berikutnya, Google juga menambahkan fitur baru yang memudahkan pengguna untuk menempatkan shortcut percakapan atau pesan grup tertentu ke layar home. Fitur ini dapat dijumpai di tombol menu jendela percakapan. Adapun tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna melanjutkan obrolan yang tertunda karena pekerjaan atau hal lainnya.

Google Hangouts 7.0 saat ini masih dalam tahap awal peluncuran. Update sekarang dari Play Store atau jika belum tersedia, Anda bisa mengunggah versi APK di tautan ini untuk menjajalnya sekarang.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Shutterstock.