Google Hangouts Chat, Aplikasi Komunikasi Tim Penantang Slack

Google berharap bisa mencuri loyalis Slack

Aplikasi komunikasi tim Slack tidak kekurangan jumlah rival, bahkan dari nama-nama besar seperti Facebook Workplace, WeChat Enterprise, atau Microsoft Teams.ย Kini Google pun ikut bergabung dengan meluncurkan Hangouts Chat dan berharap bisa mencuri loyalis Slack.

Hangouts Chat adalah chat-based workspace atau alat komunikasi tim cerdas yang bisa dinikmati oleh pelanggan G Suite. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan tepat setahun yang lalu sebagai bagian dari Early Adopter Program dan kini Google menjadikan Hangouts Chat sebagai fitur inti dari G Suite-nya.

Serupa dengan Slack dan aplikasi pesan instan untuk tim lainnya, Hangouts Chat memungkinkan kita membuat group chat atau room yang dapat menampung hingga 8.000 anggota. Layanan seperti Docs, Sheets, Slides, Vault, dan Hangouts Meet pun telah terintegrasi ke dalam Hangouts Chat.

Aplikasi yang ditujukan untuk perusahaan maupun organisasi dengan skala apapun itu tersedia dalam 28 bahasa untuk memudahkan komunikasi antar tim tanpa dibatasi jarak.

Google tidak lupa menyertakan dukungan kecerdasan buatan (AI) untuk mempercepat proses kerja manual seperti memesan ruang konferensi, mencari file, dan lainnya. Untuk meningkatkan produktivitas, Hangouts Chat juga mendukung bot, ada 25 bot saat ini termasuk Xero, Freshdesk, Kayak, Trello, Zenefits, dan lainnya.

Hangouts Chat telah tersedia untuk platform Android, iOS, Windows, dan Mac. Jika Anda pengguna laptop berbasis Chrome OS, Anda masih bisa menggunakan aplikasi web Hangouts Chat atau menggunakan aplikasi Android untuk laptop Chromebook yang telah memiliki akses ke Google Play Store.

Application Information Will Show Up Here

Sumber: Android Central