1 November 2017

by Glenn Kaonang

Google Luncurkan Set Perangkat Video Conferencing untuk Kalangan Pebisnis

Dimaksudkan untuk mendampingi layanan Hangouts Meet sebagai solusi komunikasi yang lengkap untuk dunia korporat

Maret lalu, Google meluncurkan Hangouts Meet dan Hangouts Chat, yang merupakan layanan komunikasi untuk kalangan pebisnis. Setelah mantap dengan software-nya, Google kini mengalihkan perhatiannya ke hardware demi menyuguhkan solusi komunikasi yang komplet untuk dunia korporat.

Hardware yang dimaksud pada dasarnya merupakan set perangkat video conferencing yang terdiri dari empat komponen terpisah: kamera, speaker + mikrofon, komputer mini dan layar sentuh. Keempatnya tentu saja telah dioptimalkan untuk Hangouts Meet, serta kompatibel dengan papan tulis digital Jamboard.

Kameranya dilengkapi sensor 4K dan lensa bersudut pandang seluas 120 derajat. Google tidak lupa membekalinya dengan teknologi machine learning, dimana kamera dapat mendeteksi para peserta rapat dan melakukan framing terhadap mereka secara otomatis.

Kombinasi speaker plus mikrofonnya dirancang agar dapat meminimalkan gema dan suara di sekitar yang mengganggu selama rapat berlangsung. Untuk ruang konferensi yang luas, pengguna dapat menyambungkan hingga lima komponen ini sekaligus hanya dengan menggunakan satu kabel.

Komputer mininya merupakan Asus Chromebox yang ditenagai prosesor Intel Core i7 dan menjalankan sistem operasi Chrome OS. Selain dimaksudkan untuk menjadi penerus update untuk ketiga komponen lainnya, perangkat ini juga menawarkan fitur remote device monitoring untuk admin IT.

Terakhir, semuanya dinavigasikan melalui layar sentuh 10,1 inci beresolusi 1280 x 800, dengan tampilan yang simpel untuk mengundang rekan tim ke dalam video conference maupun memantau rincian agenda rapat. Kehadiran port HDMI memudahkan pengguna untuk menyambungkan laptop ketika hendak mempresentasikan sesuatu.

Bundel perangkat video conferencing ini sekarang sudah Google pasarkan seharga $1.999, namun baru di beberapa negara saja. Dalam kesempatan yang sama, Google tidak lupa menghadirkan sejumlah fitur baru untuk Hangouts Meet, yang dirancang khusus untuk pelanggan G Suite Enterprise.

Yang paling utama adalah kemudahan untuk merekam sesi panggilan video ke Google Drive, sehingga mereka yang berhalangan hadir tidak ketinggalan berita. Meet sekarang juga dapat menampung hingga 50 peserta sekaligus, dan pengguna kini bisa mengajak rekan timnya yang sedang berada di negara lain untuk bergabung dengan menghubungi nomor ponselnya.

Sumber: Google.