14 March 2013

by Iqbal Farabi

Google Hentikan Google Reader, Google Voice App untuk BlackBerry dan Beberapa Layanan Lainnya

Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mengenai langkah Yahoo yang kembali menghentikan beberapa layanan, kali ini sesama raksasa mesin pencarian melakukan langkah serupa. Kemarin Google melalui blog resminya mengumumkan ditutupnya beberapa layanan dalam rangka membenahi fokus layanannya.

Ada setidaknya 8 fitur, API, dan layanan yang akan dihentikan oleh Google. Beberapa diantaranya merupakan produk-produk yang cukup populer seperti Google Reader dan Google Voice App untuk BlackBerry. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Apps Script

Apps Script merupakan sebuah framework pemrograman berbasis JavaScript yang memudahkan pengembang untuk membuat task otomatis menggunakan berbagai produk Google. Google mengumumkan penghentian tools GUI Builder dan lima buah widget UiApp mulai 16 September nanti.

2. CaIDAV API

CalDAV API adalah API untuk pengembang yang ingin mengembangkan aplikasi berbasis produk Google Calendar. Akses ke API ini dihentikan juga mulai 16 September. Sebagai gantinya, Google sudah menyediakan Google Calendar API.

3. Google Building Maker

Google Building Maker merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna membuat model bangunan 3D untuk Google Earth dan Google Maps. Layanan ini akan dihentikan mulai 1 Juni. Meskipun demikian, pengguna yang pernah membuat model 3D dengan layanan ini bisa mengunduh karya-karyanya dari 3D Warehouse.

4. Google Cloud Connect

Google Cloud Connect adalah sebuah plugin yang memungkinkan pengguna untuk secara otomatis melakukan sinkronisasi file-file Microsoft Office pada PC miliknya ke akun Google Drive miliknya. Layanan ini dihentikan mulai 30 April dan pengguna disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Drive sebagai gantinya.

5. Google Reader

Bisa dikatakan sebagai aplikasi paling populer dalam daftar ini, Google Reader rencananya akan mulai dihentikan pada 1 Juli nanti. Layanan yang dirilis sejak 2005 ini merupakan layanan untuk agregasi RSS dari berbagai situs. Untuk pengguna yang ingin mecoba alternatif agregator RSS lain, Google menyediakan fasilitas ekspor data-data Google Reader pengguna dengan Google Takeout.

6. Google Voice App untuk BlackBerry

Layanan ini termasuk yang cukup cepat waktu terminasinya. Terhitung mulai pekan depan, Google Voice App untuk BlackBerry tidak lagi didukung oleh Google. Sebagai gantinya pengguna disarankan menggunakan aplikasi Google Voice yang berbasis HTML5. Aplikasi ini kompatibel dengan sistem BlackBerry di atas versi 6.

7. Search API untuk Google Shopping

API lainnya dalam daftar ini, Search API untuk Google Shopping memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi belanja dengan menggunakan data Product Search milik Google. API ini dihentikan layanannya mulai 16 September 2013.

8. Snapseed Desktop untuk Mac dan Windows

Layanan Snapseed Desktop untuk Mac dan Windows merupakan yang tercepat terminasinya. Terhitung tanggal 13 Maret kemarin aplikasi ini sudah tidak bisa diunduh lagi untuk sistem operasi Mac dan Windows. Meskipun demikian, versi iOS dan Android dari aplikasi ini masih bisa digunakan secara gratis.

Untuk melihat keterangan resmi dari Google, Anda bisa mengunjungi tautan ini.