Categories

Gadget

Google Umumkan Speaker Pintar, Home Mini dan Home Max

Google Home Mini dan Home Max mempunyai teknologi Smart Sound yang membantu memperoleh pengaturan audio terbaik

Bambang Winarso - 5 October 2017

Masih dari ajang peluncuran Pixel 2 dan Pixel 2 XL, di waktu yang hampir bersamaan Google juga memperkenalkan jajaran speaker terbarunya yang bakal menempati garis terdepan untuk menantang Amazon. Mereka adalah Google Home Mini dan Home Max.

Sesuai dengan namanya, Google Home Mini mempunyai bentuk yang mungil dan super ringkas demi mengakomodasi ruangan yang minimalis. Dibanderol $49, Google Home Mini mempunyai dimensi 4.53 x 4.53 x 4.72 inci dan bobot kurang dari 0,5kg. Tampak depan terdapat empat buah LED yang akan berkedip ketika menerima perintah suara Ok, Google atau menjalankan beberapa fitur seperti play, pause atau menyesuaikan volume.

Google Home Mini_1

Google Home Mini_2

Meskipun lahir sebagai perangkat speaker, Home Mini sejatinya tidak secara khusus dirancang “hanya” untuk memuaskan telinga penggemar musik. Ia lebih dirancang untuk menghadirkan asistensi digital melalui kehadiran Google Assistant ke dalam ruangan guna memperoleh pembaruan informasi, cuaca, streaming podcast atau memberikan perintah suara ke perangkat terkoneksi lainnya. Tapi bagi menginginkan dentuman suara lebih baik, Google Home Mini memberikan dukungan untuk terhubung ke speaker dengan Chromecast. Sayang, Home Mini tidak mempunyai audio jack 3,5mm seperti yang ditawarkanoleh Amacon Echo Dot.

Kebalikan dari Home Mini, Google Home Max adalah speaker jumbo dengan bentuk persegi panjang yang ukurannya hampir sama dengan tiga buah speaker Home standar. Dengan modal body bongsor, jelas sekali speaker ini disiapkan untuk bersaing dengan Amazon Echo Plus atau HomePod keluaran Apple.

Google Home Max_1

Google Home Max membawa dua buah speaker 4,5 inci yang dibekali dengan sepasang tweeters. Suara yang dihasilkan diklaim 20 kali lebih keras dari speaker Home standar. Untuk memberikan sentuhan yang selaras, Home Max juga dibalut kain dengan tekstur yang lembut.

Google Home Max_3

Secara default, Home Max mendukung layanan streaming Spotify dan juga ditenagai sistem piranti lunak berbasis AI bernama Smart Sound. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ruangan dan pilihan musik yang dimainkan. Bahkan speaker mampu memperbaiki ketidak-wajaran suara dalam hitungan detik ketika berpindah tempat.

Tak berhenti di situ, teknologi Smart Sound bahkan mampu melakukan hal yang lebih keren, misalnya mempelajari aspek berbeda dalam memainkan musik. Misalnya, ia mampu menyesuaikan volume secara otomatis di waktu-waktu tertentu, misalnya di pagi hari volume lebih dikecilkan dan menaikkan volume termasuk menyesuaikan elemen-elemen suara di akhir pekan yang biasanya sering dimanfaatkan pengguna untuk berpesta atau menghibur diri selepas bekerja.

Google Home Max_2

Selain Spotify, Home Max juga membawa dukungan layanan YouTube Music untuk opsi koleksi musik yang lebih luas. Speaker akan mulai dipasarkan pada bulan Desember mendatang dengan banderol $399.

Sumber berita Google Home Mini dan Home Max.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter