Categories

Berita

Google Indonesia Rilis Pencarian Paling Populer Tahun 2015

Go-Jek dan kue cubit menempati posisi teratas pencarian netizen sepanjang tahun ini

Yenny Yusra - 16 December 2015

Jelang akhir tahun 2015 Google Indonesia merilis informasi penting seputar informasi atau kata yang paling sering dilihat dan dicari oleh pengguna internet di Indonesia melalui mesin pencari Google. Tahun ini Google merilis data tren pencarian terpopuler, sedangkan tahun sebelumnya Google hanya merilis data berdasarkan penelusuran paling banyak atau top search. Tahun 2015 lebih mengedepankan trending search atau pencarian yang mencapai topik tertinggi pada periode tertentu di tahun 2015. Trending search adalah penelusuran dengan traffic tertinggi (highest spike) yang terjadi pada periode tertentu di tahun 2015.

Trending search atau penelusuran terpopuler memberikan riset yang lebih mendalam dan lebih menarik di Indonesia sepanjang tahun 2015,” kata Communications Head Google Indonesia Putri Silalahi kepada media hari ini di Jakarta.

Google mencatat fenomena yang menarik pada bulan April 2015, dalam jumlah yang signifikan mesin pencarian Google diramaikan dengan pencarian Doa Ujian Nasional mulai jam empat sore hingga tengah malam hari jelang Ujian Nasional berlangsung yang dicari oleh pelajar di Indonesia.

Peritiswa menarik lainnya yang juga diungkapkan oleh Putri adalah pada saat pertandingan tinju antara Floyd Mayweather Jr melawan petinju asal Filipina Manny Pacquiao. Kata kunci yang paling banyak dicari oleh netizen Indonesia adalah “Siapa istri Manny Pacquiao?”. Hal tersebut membuktikan masyarakat memanfaatkan mesin pencari Google berdasarkan tren atau peristiwa yang tengah terjadi.

Di antara kategori yang secara umum sudah dilakukan di 70 negara, termasuk Indonesia, tahun ini Google merlis tiga kategori baru khusus untuk Indonesia. Pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan peningkatan yang cukup signifikan di kalangan pengguna smartphone di Indonesia. Dengan menggunakan smartphone, sebagian besar netizen mencari tiga kategori baru yang berhasil dirangkum dan dikelompokkan oleh Google Indonesia.

“Berdasarkan hal tersebut Google Indonesia mengkelompokan pencarian baru dalam tiga kategori yaitu bagaimana cara atau how to, mode dan kecantikan, dan yang ketiga adalah meme. Semua kategori tersebut hanya ada di Indonesia,” ungkap Putri.

Google telah menyiapkan data yang komprehensif khusus untuk publik yang ingin mengetahui lebih dalam seputar pencarian Google paling populer di Indonesia selama tahun 2015. Semua informasi seputar rangkuman 10 hal paling populer masing-masing kategori bisa dilihat langsung di tautan berikut.

Mulai dari Go-Jek hingga kue cubit

Tahun 2015 ini batu akik, Go-Jek, dan kue cubit menjadi tiga tren teratas yang paling banyak mengundang rasa ingin tahu masyarakat Indonesia. Kue cubit menjadi tren yang sangat signifikan.

Tren pencarian kategori selebriti diwarnai dengan nama Cita Citata di posisi puncak, Isyana Sarasvati yang sukses berada di peringkat ke-2, diikuti nama Didi Petet di urutan ketiga.

Sementara untuk peristiwa nasional yang paling banyak dicari oleh netizen sepanjang tahun 2015 adalah pembekuan PSSI di urutan pertama diikuti dengan meletusnya Gunung Raung di posisi kedua. Untuk tokoh yang paling banyak dicari adalah Valentino Rossi, diikuti dengan Bon Jovi di urutan kedua.

“Kami menyebut tren ini sebagai ‘micro moments’. Netizen mengandalkan smartphone atau ponsel mereka untuk menemukan informasi yang bisa membuat rutinitas mereka menjadi lebih mudah. Mulai dari informasi mengenai model rambut yang tengah tren, hingga mencari resep untuk makan malam. Google Indonesia merasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari semua aktifitas tersebut,” kata Country Industry Head Google Indonesia Hengky Prihatna.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id