Google Assistant Beserta Layanan Google Lain Bakal Tersedia di Feature Phone

Google Assistant Beserta Layanan Google Lain Bakal Tersedia di Feature Phone

Spesifiknya feature phone yang menjalankan KaiOS, di mana Google telah mengucurkan dana investasi sebesar $22 juta
Google Assistant nantinya bakal tersedia di feature phone yang menjalankan KaiOS, macam Nokia 8110 4G / KaiOS
Google Assistant nantinya bakal tersedia di feature phone yang menjalankan KaiOS, macam Nokia 8110 4G / KaiOS

Anggap Anda bos besar Google, mana yang bakal Anda pilih: 1) semua orang di dunia menggunakan smartphone Android, atau 2) semua orang di dunia memiliki akses terhadap produk dan layanan Google seperti Search, Maps, YouTube, dan lain sebagainya? Idealnya, Anda bakal memilih opsi yang pertama, tapi kondisi realistisnya belum memungkinkan.

Di negara-negara seperti India maupun Indonesia sendiri, nyatanya masih banyak konsumen yang bahkan belum mampu membeli smartphone Android kelas budget. Itulah mengapa feature phone macam Nokia 3310 masih memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Pada kenyataannya, sistem operasi feature phone macam KaiOS menempati urutan kedua OS terpopuler setelah Android di India berdasarkan data yang dikumpulkan DeviceAtlas, sedangkan iOS di urutan ketiga. KaiOS, bagi yang tidak tahu, adalah sistem operasi berbasis Firefox OS yang menenagai jutaan ponsel buatan Alcatel, Jio, maupun Nokia, termasuk halnya versi reborn dari Nokia 8110.

Ilustrasi tampilan Google Assistant pada feature phone / KaiOS
Ilustrasi tampilan Google Assistant pada feature phone / KaiOS

Balik lagi ke pertanyaan di awal, Google rupanya memilih opsi yang kedua, di mana mereka baru saja mengucurkan dana investasi sebesar $22 juta untuk KaiOS. Aliran dana segar ini bakal membantu pengembang KaiOS untuk mengintegrasikan layanan-layanan Google seperti Search, Maps, YouTube, serta Assistant secara langsung pada ponsel KaiOS.

Menurut pendapat Sebastien Codeville selaku CEO KaiOS, kehadiran Google Assistant di ranah feature phone merupakan pencapaian yang sangat revolusioner, sebab kemudahan berinteraksi menggunakan perintah suara bakal secara langsung meniadakan keterbatasan yang selama ini eksis akibat penggunaan keypad pada feature phone.

Dari sisi Google, investasi ini bisa dilihat sebagai langkah jangka panjang. Andai kata konsumen feature phone nantinya memutuskan untuk upgrade ke smartphone, entah itu Android atau iOS, mereka semestinya masih akan sangat bergantung pada layanan-layanan Google yang sudah mereka kenal sejak masih memakai ponsel KaiOS.

Sumber: BuzzFeed dan KaiOS.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…