26 June 2014

by Iqbal Farabi

[Google I/O] Android dalam Angka

Ajang tahunan Google I/O akhirnya selesai diselenggarakan kemarin. Beberapa liputan seperti Android TV, perangkat jam tangan pintar LG G Watch dan Samsung Gear Live, dan Android L sudah kami ulas sejak pagi tadi. Pada tulisan ini kita akan sedikit merekapitulasi statistik-statistik kunci mengenai Android yang dipaparkan pada ajang Google I/O semalam.

Statistik kunci pertama mengenai pengguna Android. Sundar Pichai, kepala divisi Android dan Chrome, menyatakan bahwa saat ini Android sudah memiliki 1 miliar pengguna aktif per harinya. Angka ini diambil berdasarkan data pengguna aktif Android selama 30 hari ke belakang. Angka ini meningkat dari 900 juta pengguna aktif yang diumumkan oleh Google pada Google I/O tahun lalu. Secara spesifik Pichai juga menyoroti pangsa pasar Android di kategori tablet. Pichai mengklaim bahwa saat ini Android sudah menguasai 62% pangsa pasar tablet, meningkat dari hanya 46% pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Google, total seluruh pengguna Android mengambil gambar dengan kamera sebanyak 93 juta foto selfie per harinya, mengirimkan pesan teks sebanyak 20 miliar pesan per hari, memeriksa ponselnya sebanyak 100 miliar kali per hari. Angka unduhan aplikasi di Google Play juga meningkat. Tanpa menyebutkan angka spesifik, Pichai hanya memaparkan bahwa pertumbuhan angka unduhan aplikasi di Google Play meningkat sebesar 236% dibandingkan dengan angka unduhan tahun lalu.

Angka-angka ini tentunya menjadi jawaban dari Google bagi pesaing terberatnya di industri mobile, Apple. Pada ajang WWDC 2014 lalu, Apple menyatakan bahwa saat ini iOS memiliki 800 juta pengguna aktif, dengan 130 juta diantaranya merupakan pengguna yang baru menggunakan produk berbasis iOS di tahun 2014. Dengan dirilisnya perangkat seperti smart TV dan smartwatch, tentunya akan menarik untuk disimak persaingan kedua platform ini ke depannya.