8 September 2016

by Glenn Kaonang

Google Kabarnya Akan Mengungkap VR Headset Berbasis Daydream Bulan Depan

Kemungkinan besar dijuluki Daydream View

Android 7.0 Nougat sudah resmi dirilis, sekarang kita tinggal menunggu Google meluncurkan smartphone baru guna menyorot semua fitur baru dari sistem operasinya tersebut. Rumornya, Google akan mengungkapnya dalam sebuah event pada tanggal 4 Oktober mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Google kemungkinan juga akan mengumumkan VR headset baru dengan basis platform Daydream yang diumumkan di acara Google I/O 2016 lalu. Perangkat ini kabarnya akan dinamai Daydream View, dan desainnya bisa jadi merujuk pada referensi yang telah diumumkan Google sebelumnya.

Meski semuanya baru sebatas spekulasi, bisa dipastikan nantinya Daydream View akan datang bersama sebuah motion controller yang bertindak sebagai perangkat input utama. Controller ini juga yang akan menjadi pembeda utama antara platform Daydream dan Cardboard.

Faktor pembeda lainnya adalah kompatibilitas. Tidak seperti Cardboard, Daydream View mencantumkan prasyarat yang cukup spesifik, seperti salah satunya layar berpanel OLED. Kemungkinan besar smartphone baru yang akan Google umumkan nantinya merupakan ponsel pertama yang mengusung label "Daydream-ready".

Kapan pun tanggalnya, Google sebelumnya telah berjanji untuk meluncurkan Daydream tahun ini juga. 4 Oktober sendiri merupakan waktu yang cukup tepat, mengingat keesokan harinya Oculus bakal menghelat acara bersama developer.

Sumber: UploadVR.