18 July 2013

by Bambang Winarso

Google Kembali Ubah Tampilan Google Play Versi Web, Kini Mirip Versi Android

Hari ini Google secara resmi mengumumkan perubahan terbaru pada tampilan tatap muka toko aplikasi mereka Google Play. Perubahan ini adalah kali ke empat yang dilakukan oleh Google, namun perubahan ini adalah perubahan yang paling saya suka. Selain lebih mirip dengan versi Android, tampilan baru ini juga lebih cepat dan enak dipandang.

Perubahaan tampilan Google Play versi web secara resmi diumumkan via akun Google+ Google Play, karena penasaran saya langsung membuka Google Play untuk melihat benarkah berita yang saya dapatkan itu. Ternyata wow, awesome!!

Di tampilan baru ini pengguna dapat mengakses semua halaman dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah. Perubahan paling menonjol adalah pada halaman detail aplikasi, jika Anda buka salah satu aplikasi maka Anda akan mendapati halaman yang lebih lebar, gambar screenshot juga lebih besar dan tidak ada lagi tab halaman Description, Reviews dan Whats new. Kini semua informasi tersebut tersaji dalam satu halaman.

Di versi ketiga desain Google Play, kategori terletak di sebelah kiri bersanding dengan Top Charts, namun di desain baru ini kategori produk diletakkan di tengah bersanding dengan Home, Top Charts dan New Release. Sementara di panel kiri kini tidak lagi dihuni oleh kategori aplikasi Top Paid, Top Free dan sejenisnya. Melainkan menu My Apps, Shop, dan Editor Choice. Di menu panel sebelah kiri inilah halaman di mana Anda dapat memantau aplikasi-aplikasi yang penah Anda instal sebelumnya.

Kategori Top Games, Top Paid dan Top Free serta sejenisnya kini diletakkan di panel tengah dan akan muncul ketika Anda membuka salah satu kategori aplikasi atau game.

Secara pribadi saya menilai ini adalah perubahan terbaik yang pernah dilakukan oleh Google, walaupun saya yakin Google tak pernah berpuas diri dan kemungkinan terjadinya perubahan di masa yang akan datang bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Namun tetap saja menarik menunggu konsep apa yang akan diusung nanti.

Penasaran dengan desain baru Google Play, langsung saja ke sini.

Sumber artikel Thenextweb.com.


This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Live Smart through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website:http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld.