26 April 2017

by Glenn Kaonang

Google Kini Terjemahkan Review Lokasi Secara Otomatis

Tanpa perlu melakukan apa-apa, ulasan akan tersaji dalam versi terjemahan sekaligus orisinilnya

Tujuan utama melancong ke negara lain tentu saja untuk berkunjung ke lokasi-lokasi yang menarik. Dari mana kita bisa tahu tempat itu menarik atau tidak? Dari Google, tepatnya lewat review alias ulasan dari orang-orang yang sudah menyempatkan dirinya ke tempat tersebut.

Kalau ulasannya dalam bahasa Inggris sih mungkin tidak terlalu menjadi masalah buat sebagian besar dari kita, tapi lain ceritanya kalau yang tercantum semua dalam bahasa Rusia, Thailand maupun bahasa-bahasa lainnya – terutama yang tidak menggunakan alfabet standar.

Lho kan ada Google Translate? Memang, tapi saya yakin Anda pasti malas harus copy-paste untuk bisa melihat hasil terjemahannya. Bagaimana kalau ternyata terjemahannya bisa muncul secara otomatis, tanpa Anda harus melakukan apa-apa?

Itulah yang baru saja Google lakukan. Cukup cari sesuatu yang menarik perhatian Anda di Google Maps atau Search, maka ulasan dari orang-orang akan otomatis diterjemahkan ke bahasa yang diset sebagai default pada perangkat dan ditampilkan di atas versi orisinilnya.

Meski mungkin sampai detik ini pun hasil terjemahan Google belum begitu bisa diandalkan, setidaknya Anda bisa mendapat sedikit gambaran mengenai suasana dan menu yang ditawarkan di restoran atau kafe di tengah kota Moscow itu. Dan yang paling penting, Anda sama sekali tidak perlu melakukan apa-apa.

Sumber: Google.