21 April 2015

by Glenn Kaonang

Google Kirim Update Besar-Besaran untuk Android Wear

Persaingan Apple dan Google berlanjut hingga ke ranah smartwatch dengan diluncurkannya Apple Watch. Android Wear sudah lebih dulu meluncur, dan Google terus menyempurnakan smartwatch-smartwatch tersebut viasoftware update.

Dalam update terbarunya, Android Wear mendapat sejumlah perbaikan terhadap masalah yang juga dimiliki oleh Apple Watch beserta sistem operasinya. Yang pertama adalah ketergantungan smartwatch dengan smartphone untuk bisa beroperasi.

Apple Watch memerlukan iPhone untuk bisa berfungsi secara penuh, begitu juga dengan smartwatch Android Wear. Akan tetapi, pengguna smartwatch Android Wear kini tetap bisa mengakses berbagai aplikasi maupun notifikasi meski smartphone-nya tidak sengaja tertinggal di rumah.

Syaratnya hanya dua: 1) smartwatch tersebut tersambung dengan Wi-Fi dan 2) smartphone tersebut mempunyai akses ke internet, baik via jaringan seluler atau Wi-Fi. Jika dua syarat itu terpenuhi, maka Anda bisa menggunakan smartwatch Android Wear di mana saja dan kapan saja, meski ia sedang tidak bersama smartphone Anda.

Info menarik: Apple Rilis Video Panduan Penggunaan Apple Watch

Kedua adalah soal informasi yang ditampilkan pada layar. Sejumlah smartwatch Android Wear memiliki layar yang selalu menyala, memudahkan penggunanya untuk memantau waktu setiap saat. Belajar dari keunggulan tersebut, Google membawanya ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu menuju aplikasi.

Sederhananya, aplikasi kini juga akan terus ditampilkan di layar sehingga Anda bisa terus memantau informasi yang diperlukan. Akan tetapi, layar tersebut akan berubah menjadi hitam putih ketika Anda mengalihkan pandangan dan menurunkan pergelangan tangan Anda. Mengapa harus hitam putih? Karena hal ini akan membantu menghemat energi jika smartwatch tersebut memakai layar AMOLED.

Ketiga adalah soal pengoperasian. Pengguna Android Wear kini makin dipermudah dalam mengakses aplikasi atau mengontak temannya. Cukup sentuh layar yang menampilkan watch face, maka layar akan menampilkan tiga tab berisi daftar aplikasi, daftar kontak dan fungsi voice command.

Android Wear kini juga membawa gesture baru untuk mengakses informasi dari Google Now. Anda tidak perlu menyentuh layar, cukup putar pergelangan tangan ke atas untuk melakukan scrolling antar card di Google Now.

Info menarik: Google Hadirkan Hasil Karya Seni di Android Wear Lewat Street Art

Terakhir, dan yang saya kira paling menohok untuk Apple Watch, adalah fitur menggambar emoji. Seperti yang kita ketahui, pengguna Apple Watch bisa bertukar pesan lewat gambar-gambar yang mereka goreskan di layar. Android Wear kini menerapkan fitur serupa, namun dengan metode yang lebih sederhana.

Anda bisa menggambar ratusan emoji yang tersedia, lalu software akan menyempurnakan gambaran Anda menjadi emoji yang dimaksud. Gampangnya, ini merupakan fitur handwriting input, tetapi untuk emoji.

Update besar-besaran akan segera dirilis dalam beberapa minggu ke depan untuk tujuh smartwatch Android Wear yang sudah dijual di pasaran, dimulai dari LG Watch Urbane terlebih dulu.

Sumber: Official Google Blog. Gambar header: Google Play.