13 March 2015

by Glenn Kaonang

Google Konfirmasi Smartphone Android Bakal Dilengkapi Konektor USB Type-C

Dalam peluncuran MacBook generasi terbaru beberapa hari yang lalu, kita telah melihat bagaimana Apple sukses merancang laptop dengan desain yang amat tipis. Salah satu faktor yang memungkinkan bodi setipis itu adalah konektor USB Type-C, sebuah standar baru yang kiranya juga akan diadopsi oleh pabrikan perangkat elektronik lainnya.

Keunggulan USB Type-C ketimbang USB Type-A yang telah dipakai jutaan perangkat selama beberapa tahun terakhir adalah desainnya yang lebih ringkas dan simetris – bisa ditancapkan dengan posisi menghadap ke mana saja. Tidak hanya itu, USB Type-C juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan sekaligus, mulai dari mengisi daya, mentransfer data sampai meneruskan output video, semuanya dalam satu colokan saja.

Info menarik: K’isauve Adalah Kabel USB, Data Sync dan Charger Mini untuk Smartphone Anda

Sejauh ini bukan cuma Apple yang telah mengimplementasikan USB Type-C pada produknya. Google baru saja merilis Chroomebook Pixel generasi terbaru untuk pasar Amerika Serikat. Salah satu keunggulannya adalah sepasang port USB Type-C yang berada di sisi kiri dan kanannya.

Chromebook Pixel

Antusiasme dan komitmen Google terhadap pengadopsian USB Type-C sebagai standar colokan di masa yang akan datang dapat dilihat dari sebuah video yang khusus dibuatnya untuk mendeskripsikan keunggulan USB Type-C. Dan tanpa harus terkejut, perwakilan Google pun berkata bahwa USB Type-C juga akan hadir di smartphone-smartphone Android ke depannya.

Tentunya kita juga harus menunggu konfirmasi dari masing-masing produsen smartphone Android. Namun jika Google telah berencana menambatkan port USB Type-C pada smartphone Nexus generasi baru – yang mungkin akan hadir di akhir tahun ini – saya kira brand lain pun juga akan mengikuti jejaknya, atau malah lebih dulu mencuri langkah.

Via: Droid Life. Sumber gambar: Google.