Google Lens Kini Bisa Diakses Lewat Aplikasi Google Search di iOS

Google Lens Kini Bisa Diakses Lewat Aplikasi Google Search di iOS

Sebelumnya cuma bisa lewat Google Photos, dan pengguna sekarang bisa langsung mendapat informasi secara instan
Google Lens dapat diakses dengan mengklik icon-nya pada search bar / Google
Google Lens dapat diakses dengan mengklik icon-nya pada search bar / Google

Saya sempat mendapat cerita lucu dari istri saya yang berprofesi sebagai dosen: dibandingkan 8 – 10 tahun yang lalu, mahasiswa zaman now lebih memilih memotret penjelasan di papan tulis menggunakan ponselnya ketimbang mencatatnya. Kebiasaan yang sama mungkin juga akan berlaku untuk keperluan mencari informasi di internet ke depannya.

Tren itu sebenarnya sudah mulai kelihatan berkat kemunculan Google Lens. Jadi ketimbang mengetikkan kata kunci di Google Search ketika hendak mencari tahu soal tanaman unik yang ada di hadapan kita, kita tinggal mengarahkan kamera ponsel saja dan informasinya akan langsung muncul di layar.

Google Lens sendiri juga sudah kian sempurna dan tersedia di banyak perangkat sekaligus, termasuk halnya di perangkat iOS. Kabar baiknya, kalau sebelumnya pengguna iOS hanya bisa mengaksesnya lewat aplikasi Google Photos, Google Lens sekarang tersedia langsung melalui aplikasi Google Search di iOS.

Selain berada di tempat yang lebih ideal, Google Lens di Search juga tidak mewajibkan pengguna mengambil foto terlebih dulu, melainkan cukup mengarahkan kamera dan menyentuh objeknya saja. Untuk mengakses Lens, cukup klik icon baru yang ada di sebelah kiri icon voice search pada search bar.

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Lens? Banyak, apalagi sejak Google mengumumkan pembaruannya pada bulan Mei lalu. Namun yang terpenting, pengalaman menggunakannya di perangkat iOS kini sudah hampir mendekati versi Android-nya.

Sumber: 9to5Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…