19 September 2017

by Bambang Winarso

Google Luncurkan Layanan Pembayaran Mobile, "Tez" di India

Aplikasinya sudah tersedia di Google Play Store dan App Store

Google kembali memperluas cakupan bisnisnya dengan meluncurkan satu layanan pembayaran mobile bernama Tez di India. Mendukung 55 bank lokal India, Tez menggunakan interface UPI yang terhubung ke akun bank pengguna untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Aplikasinya sendiri sudah tersedia di Play Store sejak beberapa jam sebelum diresmikan. Begitu juga versi iOS-nya.

Menghadapi dua layanan serupa seperti Paytm dan BHI yang sudah lebih dulu populer, Google Tez menawarkan sejumlah fitur baru termasuk transaksi “proximity” yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tunai tanpa harus mengekspos nomor ponsel atau akun bank mereka.

Layanan ini menawarkan tiga pilihan pembayaran yang dapat dipilih sesuai keinginan penggunanya. Pertama, menggunakan UPI ID yang merupakan bagian dari interface UPI pemerintah India. Selama pengguna mengetahui ID penerima, mereka bisa dengan mudah melakukan pembayaran. Kedua, menggunakan QR code, di mana pengguna cukup memindari kode barcode tertentu untuk melakukan pembayaran secara instan. Terakhir, menggunakan nomor ponsel.

Selain ketiga cara di atas, Google juga mempersiapkan metode lain yang menjadi ciri khas Tez. Metode ini disebut dengan mode “cash” dengan memanfaatkan kedekatan perangkat dalam melakukan transaksi keuangan. Dijelaskan lebih jauh, bahwa dua orang pengguna Tez dapat dengan mudah melakukan transaksi dengan cara mendekatkan ponsel mereka satu sama lain. Pernahkah Anda mengirimkan berkas ke teman melalui Bluetooth? Nah, seperti itulah cara kerja yang dipakai oleh fitur Cash di Tez.

“Mengirim uang ke keluarga, memisahkan tagihan dan teman, atau membayar pembelian barang. Lakukan transaksi dalam jumlah kecil atau besar langsung dari akun bank Anda melalui Tez, aplikasi pembayaran digital untuk India,” Tulis Google, menerangkan aplikasinya.

Selain Tez yang diperuntukkan untuk pengguna biasa, Google juga menghadirkan versi khusus untuk pengguna kalangan bisnis dengan nama Tez for Business.

Sumber berita Techcrunch.