27 April 2016

by Glenn Kaonang

Google Luncurkan MODE, Strap Smartwatch dengan Mekanisme Lepas-Pasang yang Sangat Mudah

Kompatibel dengan berbagai model smartwatch Android Wear sekaligus jam tangan tradisional

Meski menawarkan opsi kustomisasi lewat strap yang bisa dilepas-pasang, nyatanya tiap-tiap smartwatch Android Wear punya mekanisme yang agak berbeda satu sama lain. Google pun mencoba menawarkan sebuah solusi universal yang bisa diaplikasikan pada mayoritas smartwatch Android Wear.

Bekerja sama dengan Hadley-Roma, mereka memperkenalkan MODE, sebuah lini aksesori (strap) untuk smartwatch Android Wear dengan konsep “snap-and-swap”. Konsep ini menarik karena apapun smartwatch Android Wear yang Anda pakai – selama ia kompatibel – mekanisme pelepasan dan pemasangan strap-nya sama persis.

MODE terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah sebuah batang kecil yang dipasangkan pada sisi atas dan bawah smartwatch. Batang tersebut menjadi cantolan untuk strap. Strap-nya sendiri dilengkapi mekanisme pengait yang bisa dikunci atau dilepas dengan satu klik saja.

Mekanisme lepas-pasang strap MODE pada smartwatch Android Wear / Google

MODE datang dalam empat pilihan ukuran: 16 mm, 18 mm, 20 mm dan 22 mm. Ia kompatibel dengan Moto 360 2nd Gen, Asus ZenWatch dan ZenWatch 2, Huawei Watch, LG Watch Urbane dan G Watch R, serta Samsung Gear Live. Menariknya, MODE juga diklaim kompatibel dengan arloji biasa.

Sayangnya sejauh ini MODE baru tersedia untuk pasar Amerika Serikat saja. Harganya berkisar antara $50 - $60, tergantung materialnya, apakah silikon atau kulit. Di saat yang sama, Google juga membuka kesempatan bagi brand luar yang tertarik menciptakan rancangan strap MODE versinya sendiri.

Sumber: Android Blog.