17 November 2016

by Glenn Kaonang

Google Luncurkan PhotoScan, Aplikasi Pemindai Foto Praktis

Hasil scan akan diunggah secara otomatis ke Google Photos dalam resolusi penuh

Google baru-baru ini meluncurkan aplikasi baru bernama PhotoScan. Sepintas, ia terkesan tidak jauh berbeda dari aplikasi scanner pada umumnya. Namun jelas bukan Google namanya kalau mereka tidak menyematkan fitur unik pada app ini.

Yang istimewa dari PhotoScan adalah cara kerjanya. Saat posisi foto sudah pas di dalam frame, akan muncul empat buah titik pada layar. Selanjutnya, pengguna tinggal mengarahkan kamera ponsel dan menahannya sebentar di masing-masing titik.

PhotoScan pada dasarnya akan mengambil empat gambar, lalu menyatukannya menjadi satu foto beresolusi tinggi dengan metode stitching. Orientasi hasil scan-nya pun juga akan diluruskan secara otomatis.

Cara ini jauh lebih praktis ketimbang yang ditawarkan aplikasi scanner pada umumnya. Dan hasilnya juga diyakini lebih bagus mengingat setiap hasil scan disusun dari empat gambar terpisah.

PhotoScan akan menyimpan semua hasil pindaian ke Google Photos secara otomatis / Google

PhotoScan akan menyimpan seluruh hasil scan ke layanan Google Photos secara otomatis – dalam resolusi penuh dan tanpa batasan jumlah – dan pengguna bisa mencari semuanya dengan mudah via kata kunci "scan".

Dalam kesempatan yang sama, Google juga mengumumkan bahwa versi terbaru aplikasi Google Photos nantinya bakal dilengkapi dengan fitur editing yang lebih komplet, termasuk filter ala Instagram maupun tool yang lebih serius untuk menyesuaikan beragam parameter exposure.

Aplikasi Google PhotoScan saat ini sudah bisa didapat secara cuma-cuma dari Google Play maupun App Store.

Sumber: Google Blog.