18 October 2018

by Bambang Winarso

Google Luncurkan Program Beta Resmi untuk YouTube Android

Bakal jadi ajang pengujian bagi fitur-fitur eksperimental sebelum dirilis ke publik

Kemaren, YouTube tiba-tiba gagal diakses hampir di seluruh dunia meskipun dengan cepat diatasi. Dan entah kebetulan atau tidak, hari ini Google mengumumkan telah membuka program beta resmi yang akan menjadi ajang percobaan semua fitur-fitur baru sebelum digulirkan ke publik.

Langkah ini bukan hal baru bagi Google, tapi tetap menjadi kejutan bagi pengguna setia YouTube. Sebelumnya, Google sudah membuka program beta resmi untuk Gboard dan Chrome, dan sambutan hangat serupa tampaknya juga datang dari jutaan pengguna kedua aplikasi.

Program beta aplikasi YouTube ini pada dasarnya ditujukan bagi mereka yang ingin menguji fitur eksperimental yang belum dirilis ke versi final. Jadi, bagi para partisipan, versi ini memungkinkan mereka untuk menguji fitur-fitur baru, seperti yang dilakukan oleh Gboard dan Chrome. Program Beta Youtube tersedia untuk pengembang, tetapi, jika Anda ingin menjadi bagian dari program ini, Anda dapat bergabung dengan mendaftakan diri melalui tautan ini.

Dan dalam halaman bantuannnya, Google menegaskan bahwa program beta ini mengharuskan pengguna menerima aturan yang berlaku dan kuotanya juga dibatasi. Jadi, jika tak ingin ketinggalan, sebaiknya daftarkan diri Anda sekarang juga.

Pertanyannya, bisakah Google konsisten dengan fungsi dari program beta seperti ini. Saya khawatir, ini hanya akan berakhir seperti beberapa aplikasi lainnya, seperti Map, Facebook dan Instagram yang merilis versi beta di atas kertas tapi kenyataannya digulirkan secara server-side yang terkadang tak disadari oleh pengguna. Cara seperti ini tak selalu disukai.

Sumber berita Google dan gambar header Pixabay.