29 July 2016

by Bambang Winarso

Google Luncurkan Sejumlah Add-ons untuk Docs dan Sheets Versi Android

Ada sembilan Add-ons yang tersedia, mulai dari DocuSign, ScanBot hingga EasyBib

Google mulai memperkenalkan dukungan add-ons di Docs dan Sheets kurang lebih dua tahun silam. Sebuah integrasi yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga menambahkan fungsionalitas ekstra ke layanan Drive. Sekarang, integrasi pihak ketiga serupa berpeluang membuat Drive makin interaktif berkat hadirnya add-ons baru seperti DocuSign dan Scanbot.

Tambahan Add-ons pihak ketiga di Docs dan Sheets menghadirkan kemampuan baru bagi pengguna. Kini, pengguna dapat mengakses kemampuan tersebut tanpa harus meninggalkan dokumen untuk membuka aplikasi terkait terlebih dahulu. Misalnya membuat tanda tangan digital, yang memungkinkan untuk dilakukan berkat integrasi DocuSign. Atau memindai dokumen dengan ScanBot untuk kemudian di-edit di Drive. Itu hanya dua contoh dari sekian banyak fungsionalitas baru yang dihadirkan.

Untuk sekarang, pengguna Docs dan Sheets platform Android dapat menjumpai beberapa pilihan, antra lain DocuSign, Google Classroom, Scanbot,Zoho CRM, AppSheet, EasyBib, Teacher Aide, ProsperWorks, dan PandaDoc. Google mengaku sudah menggandeng 8 rekanan untuk menghadirkan deretan add-ons ini, namun Google tidak menyinggung soal rencana penambahan pengembang baru. Tetapi bila berkaca pada ketatnya persaingan, skenario itu tampaknya sangat terbuka lebar meski belum diketahui waktunya kapan.

Di platform Android, setelah mengunduh aplikasi pihak ketiga terkait, Docs dan Sheets akan menampilkan sebuah panel baru yang berisi add-ons pilihan. Pengguna dapat memilih sendiri fungsionalitas mana yang dibutuhkan, kemudian mengirim dokumen ke aplikasi bersangkutan untuk disempurnakan. Cara kerja ini kurang lebih sama dengan fitur “Share” yang lebih dulu ada di Android.

Sumber berita Google.