Categories

Opini

Google Luncurkan Social Search

Rama Mamuaya - 27 October 2009

Google sebagai sebuah raksasa internet terus menambahkan fitur baru dan mengoptimasi salah satu produk terbaiknya, Google Search. Kali ini Google menambahkan fitur sosial ke dalam mesin pencarinya melalui Google Labs, fitur ini dinamakan Google Social Search.

Google Social Search ini bekerja dengan menyisipkan konten dari jaringan anda ke hasil pencarian. Jaringan pertemanan ini diambil oleh Google dari beberapa layanan seperti Twitter, Friendfeed, Google Reader shared-content dan konten lain yang relevan.

Untuk mulai menggunakan fitur ini anda terlebih dahulu harus bergabung dengan experimen ini di halaman Google Labs Experiments. Setelah itu anda bisa mengedit profile Google anda dan memasukkan beberapa akun jejaring sosial yang anda miliki di sana. Data inilah yang nantinya akan digunakan Google sebagai tolok ukur pertemanan (social factor). Selain itu juga Google menggunakan nama yang biasa anda gunakan di situs-situs jejaring sosial sebagai tolok ukur alternatif.

Ya, fitur ini memang masih berlabel experimen dari Google Labs namun cukup untuk meninggalkan Bing jauh di belakang. Apalagi setelah keduanya berhasil menggaet Twitter untuk ikut mencantumkan tweet ke dalam hasil pencarian di Bing dan Google Search.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter