9 November 2016

by Glenn Kaonang

Google Luncurkan Update Aplikasi Gmail dan Google Calendar untuk iOS

Tampilan Gmail di iOS kini jadi mirip seperti versi Android-nya

Kabar gembira bagi pengguna Gmail dan Google Calendar di perangkat iOS. Google baru-baru ini meluncurkan update untuk kedua aplikasi tersebut yang membawa pembaruan cukup signifikan.

Untuk Gmail, update ini sebenarnya sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Bagaimana tidak, Google seakan lupa bahwa tampilan Gmail di iOS masih terlihat sangat kuno. Sampai akhirnya mereka merombaknya habis-habisan, mengadopsi konsep Material Design seperti pada versi Android-nya, dan memolesnya supaya performanya juga ikut meningkat.

Tampilan Gmail untuk iOS kini mengadopsi gaya Material Design / Google

Tampilan tidak penting buat Anda? Oke, Gmail untuk iOS kini juga dibekali fitur Undo Send seperti di desktop, memungkinkan Anda untuk membatalkan email sesaat setelah terkirim. Dengan demikian, setidaknya alasan "maaf lampirannya tadi kelupaan" bisa diminimalkan.

Fitur-fitur pendukung lain mencakup fitur pencarian yang kini bisa menampilkan hasilnya secara instan. Kemudian ada juga gestureswipe untuk mengarsip atau menghapus email dengan cepat.

Dua pilihan tampilan baru Google Calendar / Google

Beralih ke Google Calendar, pembaruannya memang tidak sesignifikan Gmail, tapi setidaknya sekarang ada dua opsi tampilan baru: Month view dan Week view dalam orientasi landscape. Harapannya, tidak ada agenda yang terlewatkan ketika Anda sekadar membuka aplikasi sepintas.

Tidak kalah penting adalah dukungan Spotlight Search bawaan iOS, sehingga pengguna bisa menemukan reminder maupun goal langsung dari homescreen tanpa perlu membuka aplikasi Calendar terlebih dulu. Terakhir, pengguna sekarang juga bisa menambahkan kalender khusus seperti kalender Hijriyah, Hindu dan Tiongkok.

Sumber: Google Blog.