Saya yakin sebagian besar dari Anda pernah merasakan skenario seperti berikut: teman Anda dari luar kota sedang berkunjung ke kota Anda. Sebagai penghuni lokal, sudah menjadi naluri Anda untuk memberikan rekomendasi sejumlah lokasi yang wajib dikunjungi oleh si pendatang.

Anda mungkin memiliki catatan khusus yang tersimpan di ponsel, tapi sekarang ada cara yang lebih mudah menggunakan Google Maps. Pada versi terbarunya (Android sekaligus iOS), Maps kini dibekali fitur bernama Lists. Lists pada dasarnya merupakan daftar yang Anda buat yang berisikan restoran-restoran favorit, taman-taman terindah ataupun apa saja yang ingin Anda kategorikan sendiri.

Lokasi-lokasi yang Anda ingin kunjungi tapi belum sempat juga bisa dikumpulkan dalam satu List, dan Maps memang menyediakan sejumlah List bawaan dengan label seperti “Want to Go” atau “Favorites”, tapi sekali lagi Anda bebas menciptakannya sendiri. Untuk mengakses semua List, pengguna tinggal masuk ke menu Places dan buka tab Saved.

Untuk menyimpan suatu lokasi ke dalam List, Anda bisa mengklik icon “Save” setelah memunculkan informasi lokasinya. Iconicon dari lokasi-lokasi yang Anda simpan di berbagai List akan muncul di tampilan peta sehingga Anda bisa meminta petunjuk navigasi dengan mudah.

Namun yang paling penting, setiap List ini bisa Anda bagikan ke pengguna lain lewat pesan teks maupun media sosial, dan Anda pun juga bisa mem-follow List orang lain dengan mudah. Lists juga dapat dilihat dari perangkat desktop maupun mobile, plus telah mendukung fitur offline.

Kalau Anda masih bingung dengan cara kerjanya, silakan tonton video di bawah ini.

Sumber: Google Blog.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.