Categories

Berita

Google Maps Semakin Spesifik, Sediakan Rute Khusus Sepeda Motor di Indonesia

Diklaim sebagai fitur paling dinantikan pengguna di Indonesia

Marsya Nabila - 20 March 2018

Google merilis fitur rute khusus sepeda motor yang telah ditanamkan dalam Google Maps (versi 9.73.3) yang tersedia untuk pengguna Android. Fitur ini menjadi cara Google membantu pengendara sepeda motor berlalu lintas di seluruh Indonesia. Disebut penggunaannya meningkat hingga dua kali lipat sepanjang tahun 2017 lalu.

Pihak Google menuturkan proses pengembangan rute baru ini memakan waktu hampir setahun, lantaran Google harus mengumpulkan data berbagai sumber dan berdiskusi dengan pengemudi ojek online.

Menurut klaim Google, fitur ini paling banyak diminta para pengguna di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan mobil,

Group Product Manager Google Maps Krish Vitaldevara mengatakan rute khusus sepeda motor sudah bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota dengan lalu lintas padat seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

“Berdasarkan percakapan kami dengan pengendara motor di Jakarta, mereka sering menggabungkan rute navigasi mobil dan pejalan kami. Ini tidak akurat dan bisa jadi malah berbahaya,” terang Krish, Selasa (20/3).

Dalam Google Maps kini terdapat tambahan jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa melalui jalan tol, dengan rincian 29 ribu rute jalan kecil, 3.000 km jalan baru, dan 10 ribu segmen jalan yang hanya bisa dilalui mobil.

Diharapkan fitur baru ini bisa membantu pengendara motor bisa memprediksi waktu tempuh dengan lebih akurat, lantaran tersedia machine learning yang bisa menghitung berdasarkan kecepatan kendaraan.

Kehadiran fitur ini menjadi peluang baru Google melakukan monetisasi buat perusahaan yang menggunakan sepeda motor untuk jasanya. Menurut Director Product Management Maps for Enterprise Baljeet Singh, pihaknya akan membuka dukungan API untuk siapapun yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau layanan.

“Di luar memasang iklan di Google Maps, kami akan tawarkan API Google Maps untuk para klien korporasi. Secara global, aplikasi kami sudah digunakan oleh dua juta perusahaan,” ucap Baljeet.

Kehadiran fitur rute khusus sepeda motor kini melengkapi empat rute yang tersedia di Google Maps, yakni rute mobil, pejalan kaki, kendaraan umum, dan khusus aplikasi ride hailing. Indonesia jadi negara kedua yang mencicipi fitur ini, setelah pertama kali diluncurkan di India pada 2017.

Fitur tambahan untuk pengendara mobil

Google juga mengumumkan fitur baru untuk meningkatkan mobilitas masyarakat Indonesia dengan memperbaiki kemudahan berlalu lintas bagi pengendara mobil, termasuk penambahan opsi rute dengan sistem ganjil-genap, sehingga pengendara bisa mengarahkan mobilnya untuk menghindari jalan yang dilarang.

Fitur ini pertama kali dihadirkan di Indonesia dan akan disusul kota-kota lain di dunia yang memiliki kebijakan sejenis. Google Maps juga menyediakan opsi untuk menghindari jalur car-free day yang rutin berlangsung di 30 kota Indonesia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id