27 April 2017

by Glenn Kaonang

Google Maps Kini Bantu Pengguna Mengingat Lokasi Parkir

Bahkan ada opsi otomatis kalau pengguna menyambungkan ponsel ke mobil via USB atau Bluetooth

Lupa parkir di mana adalah ‘penyakit’ yang umum dialami oleh pemilik mobil. Beruntung Google Maps sekarang tak hanya siap membantu Anda mencapai tujuan saja, tapi juga membantu Anda mengingat-ingat lokasi parkir Anda.

Pada versi terbaru aplikasi Android dan iOS-nya, Anda bakal menjumpai opsi baru bertuliskan “Save your parking” – “Set as parking location” di iOS – saat titik biru pada tampilan petanya Anda sentuh. Pilih opsi tersebut, maka Anda akan melihat label “P” muncul di tampilan peta.

Dari situ Anda bisa menambahkan detail yang lebih lengkap berupa catatan kecil atau batas waktu seandainya lahan parkir tersebut dilengkapi meteran – plus Anda juga bisa mengeset reminder. Lebih lanjut, pengguna juga bisa menambahkan foto lokasi parkirnya – cuma di versi Android-nya saja – dan membagikan lokasinya ke orang lain.

Versi iOS-nya sedikit lebih terbatas, tapi cara kerjanya kurang lebih sama / Google

Namun yang lebih menarik adalah ketika Anda menyambungkan ponsel dengan sistem pada dashboard mobil via USB atau Bluetooth. Dalam skenario ini, lokasi parkir Anda akan otomatis dideteksi dan disimpan ketika Anda memutus sambungannya dan keluar dari mobil.

Bagi yang sering lupa akan lokasi parkirnya, tidak ada salahnya mencoba fitur ini dengan meng-update aplikasi Google Maps di Android maupun iOS ke versi terbaru.

Sumber: Google.