Categories

Berita

Google Maps Offline Kini Hadir di Indonesia

Pengguna bisa tetap mengakses informasi lokasi meski dalam keadaan offline

Prayogo Ryza - 23 November 2015

Beberapa waktu lalu Google mengumumkan bahwa salah satu layanan andalan mereka Google Maps tersedia secara offline. Kini fitur Google Maps offline tersebut bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia. Dengan fitur tesebut pengguna tidak perlu khawatir tidak bisa mengakses Google Maps meski tidak berada dalam jangkauan Internet di Indonesia.

Tentu sebagian dari Anda pernah merasakan kesal ketika menggantungkan navigasi perjalanan kepada Google Maps dan tiba-tiba Anda memasuki wilayah dengan koneksi internet yang buruk bahkan tidak terjangkau internet sama sekali. Frustasi. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, pasalnya mulai hari ini Google resmi mengumumkan fitur Google Maps offline bisa dinikmati pengguna di Indonesia.

Google Maps offline akan menyimpan informasi, sehingga ketika Anda berada dalam posisi offline Google Maps masih tetap bisa membantu Anda untuk mencari suatu tujuan, menjalankan navigasi ,dan menemukan informasi terkait tempat tujuan seperti jam operasional, nomor telepon, dan rating tanpa membutuhkan koneksi Internet.

“Koneksi Internet memiliki kebiasaan untuk menghilang justru di saat Anda paling membutuhkannya—saat Anda harus berbelok di perempatan, atau saat mencari sebuah tempat di kota yang baru. Dengan peluncuran fitur Offline di Google Maps, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini, agar orang Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok di jalan yang salah,” jelas Product Manager Google Maps Nikhil Vaishnavi.

[GIF] Langkah Mengunduh Maps Offline

Cara kerja Google Maps ini sederhana. Sebelum Anda melakukan perjalanan, dalam keadaan terhubung dengan Internet akses tujuan Anda dan unduh area tersebut ke dalam ponsel Anda. Maka selanjutnya ketika Anda tidak dapat terhubung dengan Internet Anda bisa mengakses peta offline kapan saja.

“Misalnya Anda berencana pergi ke sebuah tempat baru di Jakarta, dan Anda tahu kalau koneksi Internet di jalan akan menjadi tidak stabil atau hilang sama sekali. Sebelum berangkat, unduh area Jakarta ke ponsel Anda. Ketik area Jakarta di Google Maps, ketuk  nama wilayah di kotak putih paling bawah, kemudian pilih Unduh. Atau cara lainnya, pilih Unduh area offline di menu utama Google Maps, lalu masuk ke pilihan Area offline dan tekan tanda + berwarna biru di pojok kanan bawah,” jelas pihak Google dalam keterangan persnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter