Categories

Internet

Google Maps Rayakan Ulang Tahun ke-15 dengan Icon dan Sejumlah Fitur Baru

Ajak kita untuk semakin giat berkontribusi melengkapi datanya

Glenn Kaonang - 7 February 2020

Tepat tanggal 8 Februari besok, Google Maps bakal merayakan ulang tahunnya yang ke-15. Awalnya merupakan proyek garapan startup asal Australia bernama Where 2 Technologies, Google Maps kini telah berkembang pesat menjadi suatu layanan yang diakses lebih dari satu miliar orang setiap bulannya.

Guna merayakannya, Google pun merombak icon Maps sekaligus menambatkan sejumlah fitur baru pada aplikasi Android dan iOS-nya. Terkait icon-nya, video di bawah menunjukkan bagaimana desainnya terus bertambah minimalis dari waktu ke waktu.

Untuk aplikasinya, tampilannya kembali dirombak, kini menyajikan lima tab di bagian bawah ketimbang tiga: Explore, Commute, Saved, Contribute, dan Updates. Ke mana tab For You? Google memindahnya ke dalam Updates, bersamaan dengan fitur untuk chatting dengan pemilik bisnis.

Namun yang paling menarik menurut saya adalah tab Contribute, yang akan mendorong semakin banyak orang untuk ikut berkontribusi terhadap kelengkapan data di Google Maps. Kontribusi yang paling gampang mungkin adalah dalam bentuk foto, terutama foto makanan kalau melihat kebiasaan banyak orang menjepret santapannya dulu sebelum melahapnya.

Google Maps

Ke depannya, tepatnya pada bulan Maret, Maps bakal dilengkapi dengan fitur transit yang lebih mendetail. Masih berkaitan dengan aspek kontribusi tadi, kita nantinya dapat menyumbangkan informasi-informasi ekstra yang berkaitan dengan angkutan umum seperti suhu kabin, ada atau tidaknya area khusus kaum hawa, dan lain sebagainya.

Terakhir, tim Google Maps juga akan memperbarui fitur augmented reality-nya yang bernama Live View dalam beberapa bulan ke depan. Penggunaannya bakal dibuat lebih simpel, dan kita nanti dapat melihat arah tujuan beserta jaraknya langsung di tampilan augmented reality.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter