Google Maps punya fitur baru yang cukup menarik, yaitu real-time location sharing. Sederhananya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk saling berbagi lokasi tanpa harus meninggalkan aplikasi Google Maps sama sekali.

Nantinya akan muncul opsi baru di dalam menu Google Maps. Saat Anda klik opsi “Share location” ini, Anda dapat memilih siapa saja kontak Anda yang bisa melihatnya, dan berapa lama mereka bisa terus memantau lokasi Anda. Pun begitu, Anda tetap bisa membatalkan location sharing sewaktu-waktu.

Saat fitur ini aktif, kontak yang Anda pilih tadi akan melihat posisi Anda di tampilan petanya – baik di Android, iPhone maupun web – dan Anda juga akan melihat icon baru yang muncul di atas kompas guna mengingatkan bahwa Anda sedang membagikan lokasi Anda ke seseorang.

Real-time location sharing juga berlaku untuk mode navigasi / Google
Real-time location sharing juga berlaku untuk mode navigasi / Google

Fitur ini juga berlaku saat mode navigasi sedang aktif. Tinggal pilih opsi “Share trip progress”, maka orang-orang yang Anda pilih bisa memantau perjalanan Anda secara real-time, sekaligus melihat estimasi waktu kedatangannya. Sesampainya di tujuan, location sharing akan otomatis dinonaktifkan.

Kabar terbaiknya, Google tengah meluncurkan fitur ini secara global, bukan cuma untuk pengguna di AS saja. Sebentar lagi, Anda hanya perlu mengklik satu tombol untuk menjawab teman Anda yang terus menanyakan, “sudah sampai di mana?”

Sumber: Google.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.