12 December 2017

by Glenn Kaonang

Google Maps Bakal Sajikan Progress Perjalanan Secara Real-Time Bagi Pengguna Transportasi Umum

Sering tertidur di dalam kereta komuter? Maps akan mengirim notifikasi dan mengingatkan Anda untuk turun saat sudah dekat dengan lokasi tujuan

Tidak perlu diragukan lagi, Google Maps adalah salah satu aplikasi navigasi terpopuler di seluruh dunia. Namun bagi yang setiap harinya menggunakan transportasi umum, mereka biasanya lebih banyak mengandalkan aplikasi yang didedikasikan khusus untuk itu.

Contohnya, saat sedang berlibur ke Singapura, saya selalu menggunakan aplikasi CityMapper selagi berkeliling menggunakan MRT. Selain karena informasi yang disediakan sangat komplet – lengkap sampai tarif dan estimasi waktu kedatangan kereta – CityMapper (maupun aplikasi transit sejenis lainnya) juga menyajikan progress perjalanan secara real-time.

Progress ini disuguhkan langkah demi langkah, mulai dari awal saya berjalan menuju ke stasiun MRT terdekat, sampai ketika berada di dalam gerbong kereta dan berpindah dari satu stasiun ke lainnya. Fitur ini bakal lebih berguna lagi ketika sedang dalam perjalanan jauh yang seringkali membuat kita tertidur, sebab aplikasi bakal mengirim notifikasi dan mengingatkan kita untuk turun saat sudah dekat dengan tujuan.

Kabar baiknya, Google tengah bersiap untuk meluncurkan fitur serupa buat Maps, di mana aplikasi akan menyajikan live update atas perjalanan menggunakan moda transportasi umum. Lebih istimewa lagi, notifikasinya juga akan ditampilkan di lock screen, plus karena bersifat interaktif, Anda bisa memantau progress perjalanan tanpa harus masuk ke aplikasi sama sekali.

Fitur baru ini sejatinya bakal membuat panduan navigasi transportasi umum Google Maps jadi mirip seperti panduan untuk pengemudi maupun pejalan kaki, yang secara otomatis akan memonitor progress pengguna. Menurut TechCrunch, fitur ini bakal dirilis dalam waktu dekat.

Sumber: TechCrunch. Gambar header: Pexels.