23 July 2015

by Glenn Kaonang

Google Maps Kini Sajikan Riwayat Perjalanan dalam Wujud Timeline

Google Maps selama ini memang memungkinkan kita untuk memantau ke mana saja kita berkunjung lewat fitur Location History. Namun baru-baru ini Google Maps menghadirkan sebuah solusi yang lebih efektif lagi dalam menampilkan riwayat 'petualangan' kita dari satu lokasi ke lokasi lain setiap harinya.

Solusi tersebut bernama Your Timeline, yang bisa dikatakan sebagai penyempurnaan dari fitur Location History. Oleh karena itu, fitur ini hanya bisa dinikmati jika Anda mengaktifkan fitur Location History.

Your Timeline sejatinya memungkinkan Anda untuk melihat lokasi-lokasi mana saja yang Anda hampiri berdasarkan waktu dan tanggal. Anda akan mendapat visualisasi dari semua rute yang Anda lalui dari hari ke hari. Dengan demikian, Anda bisa mengingat kembali restoran tempat kencan pertama Anda dengan pasangan pada hari Valentine dua tahun yang lalu.

Info menarik: Google Maps dan Navigasi Suara Akan Dapat Diakses Tanpa Internet

Agar visualisasi tersebut tampak lebih menarik, Your Timeline juga akan menampilkan foto yang tersimpan di akun Google Photos Anda. Foto-foto tersebut akan ditampilkan berdasarkan hari Anda mengambilnya, sehingga Anda bisa menerka momen berharga yang terjadi di hari tersebut.

Untuk menjaga privasi, Your Timeline hanya bisa diakses oleh Anda selaku pemilik akun. Anda pun bisa mengatur lokasi-lokasi mana saja yang ingin Anda simpan, sekaligus menyematkan nama unik atas sebuah lokasi yang sering Anda kunjungi. Atau jika Anda merasa was-was, Anda bisa menghapus semua riwayat yang tersimpan kapan saja Anda mau.

Fitur Your Timeline ini sudah tersedia di Google Maps versi Android maupun desktop (via web). Belum ada informasi apakah versi iOS-nya juga akan mendapat fitur serupa.

Sumber: Google Lat Long. Gambar header: Google Maps via Shutterstock.