Dari sekian banyak fitur baru iOS 12, salah satu yang cukup menarik adalah penyempurnaan pada pengalaman augmented reality (AR), sekaligus aplikasi bawaan baru bernama Measure. Fungsi aplikasi tersebut sangat simpel, yakni untuk mengukur dimensi beragam objek nyata di sekitar kita, tanpa harus mengandalkan penggaris maupun meteran.

Pengguna perangkat Android tak perlu berkecil hati, sebab Google malah sudah merilis aplikasi serupa di Play Store, dengan nama yang sama pula. Measure memanfaatkan platform ARCore yang Google buat sendiri, yang berarti perangkat Anda haruslah mendukung ARCore untuk bisa menggunakannya – daftar lengkapnya bisa dilihat di situs resmi Google.

Ada dua tipe pengukuran di Measure: panjang (Length) dan tinggi (Height), sehingga Anda dapat mengukur panjang sebuah karpet, lebar lemari, maupun tinggi meja. Hasil pengukurannya bisa disimpan dalam bentuk foto untuk dijadikan referensi ketika diperlukan, semisal ketika berkunjung ke toko furniture guna berburu perabot baru.

Google Measure app

Google tidak lupa memberikan catatan kecil bahwa pengukurannya tidak bisa 100% akurat, melainkan hanya estimasi saja. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi serupa di iOS (third party), semuanya bergantung pada kondisi pencahayaan; kalau cahaya di dalam ruangan cukup terang terang, maka pengukurannya bisa lebih akurat ketimbang di dalam ruangan yang remang-remang.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Supaya lebih jelas, silakan tonton video demonstrasi Google di bawah ini.

Sumber: UploadVR.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.