21 July 2017

by Glenn Kaonang

Buat GIF yang Stabil dengan Aplikasi Motion Stills dari Google

Bisa dibagikan dalam format GIF atau video

Setahun yang lalu, Google merilis aplikasi untuk iPhone bernama Motion Stills, yang berfungsi mengubah Live Photos menjadi GIF sekaligus menjadikannya lebih mulus. Motion Stills bukanlah GIF maker atau GIF camera, tapi Google sejatinya bisa memanfaatkan algoritma yang sama untuk membuat aplikasi semacam itu dan merilisnya untuk Android.

Beruntung Google tidak lupa akan kubunya sendiri. Mereka baru saja merilis Motion Stills di Play Store, dan di sini perannya murni sebagai GIF camera. Namun tentu saja, keunggulan utamanya jika dibandingkan GIF camera lain adalah fitur stabilization yang begitu efektif.

Melihat hasil akhirnya, tidak heran apabila nanti ada yang bertanya apakah Anda merekamnya selagi ponsel terpasang di tripod. Dalam mode default, Anda bisa merekam GIF looping berdurasi 3 detik, namun ada juga mode Fast Forward dengan cara kerja mirip Microsoft Hyperlapse.

Selain dalam format GIF yang bisa diatur kualitasnya, pengguna juga bebas membagikan rekamannya dalam format video asli kalau mau. Seandainya ada beberapa klip yang bisa digabungkan, pengguna pada dasarnya juga bisa membuat film pendek menggunakan Motion Stills.

Motion Stills saat ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma di perangkat yang menjalankan Android 5.1 atau lebih baru.

Sumber: Android Police.

Application Information Will Show Up Here