12 November 2013

by Yoga Wisesa

Google Nexus 5 Mendarat Bulan Januari di Indonesia?

Google Nexus tampaknya memiliki nama yang menyimpan potensi. Nexus 7 yang dirilis di pertengahan 2012 memenangkan beberapa penghargaan, kemudian sang smartphone Nexus 4 sendiri mendapatkan penerimaan yang sangat positif dari konsumen - ia mampu menghadirkan spek tinggi dengan harga yang bersaing. Diperkenalkan ke pasar global tanggal 31 Oktober lalu, Google Nexus 5 juga menjadi smartphone yang sangat ditunggu oleh konsumen dalam negeri. Lalu kapan ia akan mendarat di Indonesia?

Seperti yang dituliskan OkeZone, menurut Adinda Nevia selaku Head of Product Marketing LG Mobile Communications, kemungkinan baik Nexus 5 dan LG G Flex akan dirilis dalam satu dua bulan lagi. "Akhir tahun [kami akan] masih merilis produk lagi, Nexus 5 dan G Flex paling lama [bulan] Januari. Kami sudah submit, [informasi] bisa dilihat juga di situsnya [Dirjen Postel Kominfo]."

Google Nexus 5 adalah smartphone pertama yang dibundel langsung dengan platform Android 4.4 KitKat terbaru. Hardware-nya juga tidak terlalu banyak berbeda dari LG G2; ia ditenagai system-on-chip Snapdragon 800 berkecepatan 2,26GHz, RAM sebesar 2GB dengan pilihan memori internal 16GB atau 32GB, layar IPS full-HD 4,95-inci dan baterai 2300 mAh. Seperti Nexus 4, memori tidak bisa diekspansi dengan microSD. LG membekalinya dengan kamera belakang bersensor 8-megapixel dan fitur optical image stabilization serta kamera depan 1.3-MP untuk video call.

Berbeda dengan Nexus 4 yang dibuat dengan konstruksi berbasis kaca, desain Nexus 5 memiliki eksterior polikarbonat a la Nexus 7. Ia dibuat cukup ringan, hanya 130 gram (sembilan gram lebih ringan dari Nexus 4; dan desain ramping yang menarik: Nexus 5 memiliki dimensi 137,9x69,2x8,6mm.

Saat diluncurkan beberapa hari lalu, konsumen telah mendapatkan sedikit masalah pada kualitas kamera (yang harusnya sebaik smartphone kelas atas). Menurut Google hal ini disebabkan pada kesalahan software dan mereka berjanji untuk segera membereskannya. Hal lain yang ditemui pengguna adalah kualitas audio yang terkadang buruk hingga crash saat mencoba konek via Wi-Fi.

Menunggu hingga Januari tampaknya merupakan hal yang tepat sembari menanti perbaikan-perbaikan dari Google. Sehingga saat ia diluncurkan di Indonesia nanti, Google Nexus 5 berjalan tanpa cela.

Sumber gambar header: PCAdvisor.co.uk.