Categories

Analisis

Google Pasang Facebook Connect???

Rama Mamuaya - 15 April 2009

Judul ini tidak mengada-ada dan terbukti dari sebuah kanal di YouTube yang memasang tombol “Facebook Connect” untuk mengajak pengunjungnya menjadi FANS di Facebook. Di kanal bernama Green Eyed World yang disponsori oleh Sprite ini terpampang jelas tombol Facebook Connect, yang sepertinya merupakan tuntutan dari Sprite selaku sponsor. Sprite tentu saja membayar YouTube untuk menyediakan kanal khusus yang customized sesuai dengan tema Green Eyed World dan agaknya “memaksa” YouTube untuk memasang  tombol “Facebook Connect”. Tak hanya itu, interaksi user juga diperkuat oleh Facebook mulai dari vote, komentar, dan juga daftar penggemar (bagian sidebar kanan tengah).

klik untuk memperbesar

Apapun alasannya, hal ini membuktikan bahwa Google mulai tertinggal oleh Facebook dalam hal social networking (Facebook Connect VS Google Friend Connect) dan sepertinya Google akhir-akhir ini kehilangan fokus dalam mengembangkan produknya yang (terlalu) variatif. Mungkin sebaiknya Google fokus saja ke pengembangan sistem aplikasi berbasis cloud miliknya yang lebih menjanjikan pemasukan untuk Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter