Categories

Mobile

Google Pastikan Android 5.0 Lollipop Siap Sedia Untuk Digunakan

Bambang Winarso - 4 November 2014

Sejak memulai debut di pertengahan Oktober silam, masih banyak penggemar dan pengamat yang bertanya-tanya kapan sistem operasi terbaru Android 5.0 Lollipop akan tersedia. Namun pertanyaan itu semalam terjawab sudah, setelah Google memastikan bahwa mulai hari ini Android Lollipop sudah siap sedia untuk dipergunakan.

Meski telah mengumumkan bahwa Android Lollipop telah dirilis, namun Google tidak menyebutkan secara spesifik perangkat mana yang terlebih dahulu akan menerima update ini. Dalam pengumumannya, Google hanya menjelaskan bahwa Android Lollipop sudah mulai dilepas sejak hari ini.

Kehadiran Android 5.0 Lollipop memang terbilang cepat, banyak dari pengguna perangkat Android bahkan belum mencicipi Android 4.4 KitKat, dan kini sudah disuguhi menu baru yang lebih revolusioner.

 

 

Info Menarik: Blogger Blueprint Episode 1: Tips Membuat Blog Dari Nol Yang Benar

 

 

Meskipun melewati masa transisi yang terbilang cepat, banyak hal dan terobosan baru yang dibawa oleh Android Lollipop. Sehingga tak sulit bagi para konsumen untuk menerima kedatangannya.

Android Lollipop menawarkan tampilan antarmuka baru berbasis Material Design, antarmuka ini memberikan tampilan flat namun kayak akan efek animasi yang terasa lebih halus. Sentuhan baru juga terasa di elemen widget, lockscreen dan tampilan secara keseluruhan.

Kekuatan Material Design terletak pada rancangan grafis, ketegasan warna dan tipografi yang lebih tebal dibanding versi Android sebelumnya sehingga pengguna lebih mendapatkan tatap muka yang kuat. Efek ini menonjolkan elemen konten sehingga memudahkan pengguna untuk fokus ke arah itu.

Implementasi tersebut tidak hanya diterapkan di sisi sistem operasi, tetapi juga memberikan kemudahan kepada pengembang untuk melakukan penyesuaian tatap muka aplikasi mereka berdasarkan rancangan Material Design. Tujuannya agar aplikasi dapat menyatu dengan konsep Android Lollipop tidak hanya di sisi tampilan tapi juga seluruh elemen, ada kesamaan rasa dan sinergi antara aplikasi dan sistem operasi.

Google sendiri sudah memastikan mengadopsi Android Lollipop untuk seri Nexus 6 dan Nexus 9. Disusul kemudian oleh beberapa vendor yang telah mengkonfirmasi kehadiran update Android Lollipop untuk beberapa varian perangkat mereka seperti Asus, Samsung dan HTC.

Dengan pengumuman ini penantian Anda pengguna Android, terutama perangkat Nexus atau perangkat yang dijual resmi oleh Google (Google Play Edition), akan sistem operasi Android terbaru telah terjawab sudah. Biasanya akan ada notifikasi untuk pembaruan sistem operasi, atau Anda bisa langsung melakukan cek manual system update. Biasanya rilis ini bertahap di berbagai wilayah.

Sumber berita Officialandroid.

Koreksi: Kami memperbaiki paragraf kedua dan terakhir karena dianggap kurang memberikan informasi yang sesuai dengan pengumuman Google. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id